Home Destination News Bangun The Mandalika, ITDC Tawarkan Konsep Eco Friendly Sebagai Daya Tarik

Bangun The Mandalika, ITDC Tawarkan Konsep Eco Friendly Sebagai Daya Tarik

0
SHARE

Praya, LombokInsider.com — Direktur Pengembangan ITDC Edwin Darmasetiawan menyampaikan rencana pengembangan dan pembangunan KEK Mandalika dengan segala keunggulan dan diferensiasi kawasan guna mewujudkan sebuah destinasi pariwisata kelas dunia, salah satunya dengan konsep Eco Friendly.

“Konsep Eco Friendly yang kami tawarkan seperti, fasilitas pengolahan air bersih dengan teknologi Sea Water Reverse Osmosis (SWRO) yang saat ini digunakan untuk mendukung pembangunan hotel-hotel di Mandalika,” jelas Edwin disela-sela Sosialisasi dan Rakornis Pengembangan, Pembangunan dan Pengoperasian the Mandalika, Kamis (26/7).

Menurutnya dengan konsep Eco Friendly tersebut dapat menjadi daya tarik investasi dan kedatangan wisatawan ke The Mandalika. Selain SWRO ITDC dalam pemenuhan kebutuhan listrik juga menggunakan Pembangkit Listrik Tenaga Surya, bekerjasama dengan PLN.

Lebih lanjut, Edwin menyebutkan, Lombok memiliki lokasi yang bersebelahan dengan Bali, di mana Bali sudah jauh lebih dahulu populer sebagai daerah tujuan wisata dunia. Menurutnya, KEK Mandalika akan hadir bukan sebagai kompetitor daripada sektor pariwisata di Bali, melainkan saling melengkapi.

Untuk menarik minat investor, ITDC memerlukan pembangunan infrastruktur, dukungan regulasi, hingga aksebilitas yang selama ini terus dikerjakan.

Baca juga:  Kemenparekraf Dukung ITDC Bayarkan Uang Ganti Untung Rp 27,7 Miliar Untuk Lahan Enclave

“Setelah jadi baru investor bangun akomodasi, karena investor tentu melihat ini aman enggak, jangan sampai rugi,” katanya.

Sementara untuk wisatawan, kata dia, memiliki tantangan bagaimana menarik wisatawan untuk datang ke KEK Mandalika. Diferensiasi dengan Bali diperlukan sebagai daya tarik.

“Kita sedang menciptakan apa yang nggak ada di Bali, tapi ada di sini. Jadi Bali bukan kompetitor, tapi saling melengkapi dengan Lombok,” ucap Edwin.

Edwin mengatakan, KEK Mandalika kurang lebih akan seperti Nusa Dua, Bali, dengan ukuran yang jauh lebih luas atau sekira tiga lebih besar dari Nusa Dua. Konektivitas langsung antara Nusa Dua dengan KEK Mandalika juga sedang dikaji agar pertumbuhan wisatawan bisa semakin meningkat.

Diferensiasi lain yang coba dikembangkan ITDC ialah membangun dermaga marina untuk kapal yacht. Letak Lombok berada pada lokasi yang strategis karena kerap dilalui kapal yacht dari Australia.

“Di sini juga akan ada sirkuit MotoGP, menjadi sirkuit MotoGP satu-satunya yang berada dalam kawasan wisata terpadu seperti ini,” tegasnya. (LI/AA)

Baca juga:  MHA OPEN 2020 Surfing Competition, Berhasil Bangkitkan Pariwisata dan Ekonomi di Kuta Mandalika

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.