Home Destination News Art Performance Sambut Kunjungan Rombongan Fam_Trip dari Iran di Sade

Art Performance Sambut Kunjungan Rombongan Fam_Trip dari Iran di Sade

124
0
SHARE
Rombogan Fam_Trip dari Iran disambut Tarian Tradisional Lombok, di Desa Sade Loteng (20/10).

Loteng, LombokInsider.com – Desa Sade Lombok Tengah (Loteng) sudah mulai dikenal oleh dunia luar sejak sekitar 1980, sejak itu, hampir setiap hari tak kurang dari 500 bahkan hingga 1000 orang yang datang kepadanya hingga saat ini, untuk lebih mengetahui cerita dan akar budaya apa yang ada dibalik kearifan lokal setempat. Siang itu (20/10) menjadi momen yang cukup spesial dengan kehadiran Fam_Trip dari para pelaku pariwisata asal ibukota Iran, Teheran, sebanyak 13 orang yang hadir diantaranya 10 orang merupakan tour operator biro perjalanan dan hotel, 2 orang jurnalis dan seorang lagi dari KBRI di Iran.

Rombongan Fam_Trip dari Iran Tampak Sangat Menikmati Atraksi Seni dan Budaya yang Ditampilkan
Rombongan Fam_Trip dari Iran Tampak Sangat Menikmati Atraksi Seni dan Budaya yang Ditampilkan

Kedatangan rombongan ini disambut dengan penampilan yang sangat atraktif secara berturut-turut dari kesenian dan budaya khas Lombok, yakni Gendang Beleq, Peresean dan tarian khas penyambutan di Desa Sade. Para tamu Iran ini dibuat terpukau oleh atraksi, ketangkasan dan kelincahan para pepadu yang bertarung dengan stik rotan ini. Terlihat raut wajah mereka sangat puas dengan tampilan atraksi yang disuguhkan untuk menyambut kedatangannya, memang inilah efek yang diinginkan agar selanjutnya mereka akan menceritakan keunikan budaya yang ada di Lombok ke negaranya.

“Awalnya wisatawan Iran banyak berkunjung ke Turki dan Bangkok, namun terjadi pergeseran destinasi ke Indonesia, maka sejak awal 2016 hingga September ini terjadi peningkatan kunjungan wisatawan Iran ke Indonesia, khususnya ke Bali dan Lombok sebagai destinasi anomali lain selain Bali,” jelas Baiq Frida Intan Novia, Sekertaris 3 Diplomat RI di Iran yang mendampingi rombongan. Novi menjelaskan hal ini tentunya juga merupakan salah satu efek dari Lombok sebagai destinasi halal terbaik dunia, yang telah disandang hampir setahun ini.

Gendang Beleq, Sebagai Sambutan Pembuka Rombongan Fam_Trip dari Iran, di Desa Sade (20/10).
Gendang Beleq, Sebagai Sambutan Pembuka Rombongan Fam_Trip dari Iran, di Desa Sade (20/10).

“Wisata pantai merupakan salah satu favorit dari wisatawan Timur Tengah, selain itu mereka ini merupakan tour operator di negaranya, sehingga selain berlibur juga untuk menjajaki kemungkinan-kemungkinan kerjasama dengan biro perjalanan dan hotel yang ada di Lombok, dengan penyesuaian paket tour yang ada,” lanjut Novi yang merupakan salah satu putri daerah Lombok yang sukses berkarir keluar negeri. Rombongan sengaja memilih Desa Sade sebagai destinasi pertama yang dikunjungai selain terdekat dengan Lombok International Airport, juga terkenal dengan ciri khas adat budaya yang masih sangat terjaga hingga kini.

Para Pepadu Sedang Beraksi di Hadapan Tamu Rombongan Fam_Trip.
Para Pepadu Sedang Beraksi di Hadapan Tamu Rombongan Fam_Trip.

Selanjutnya, rombongan siang itu akan menuju Sukarare untuk melihat kerajinan tenun khas Lombok, Banyumulek dengan gerabahnya, kemudian akan menginap di Golden Palace Hotel. Kemudian keesokan harinya akan melanjutkan petualangannya selama di Lombok untuk mengunjungi Gili Trawangan di Lombok Utara. Menurut Novia dari data yang dimiliki KBRI di Iran ada sekitar 7000 orang wisatawan yang datang Indonesia dari aplikasi visa yang terdaftar dan diharapkan akan terus bertambah seiring dengan dipermudahnya segala urusan menyangkut visa dan keimigrasian lainnya.

Selain mengunjungi tempat-tempat wisata dalam kunjungannya selama tiga hari dari (20-23/10), rencananya mereka juga akan menghadap Gubernur NTB untuk bersilaturrahim dan membicarakan kemungkingan kerjasama dalam bidang pariwisata dengan para pelaku pariwisata di NTB, karena selama di Lombok mereka dilayani oleh Lombok Paradise sebagai tour operatornya. (LI/AA)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.