Mataram, LombokInsider.com – Berawal dari kesibukannya mengelola cafe D’Warung dan toko miliknya di kawasan Jl. Airlangga Selatan no. 14, saat ini beban dipundak Widayanti Astari bertambah dengan tantangan baru yakni memimpin hotel miliknya Nutana Hotel yang telah berjalan hampir setahun. Menurutnya tidak mudah memimpin sebuah hotel dimana latar belakang pendidikan dan pengalaman belum pernah ia peroleh di bidang ini sebelumnya, namun Widayanti bukan tipe orang yang mudah menyerah.

Widayanti Astari bersama Suaminya Adiyasa Kurniawan serta Kedua Buah Hati Mereka.

Widayanti Astari bersama Suaminya Adiyasa Kurniawan serta Kedua Buah Hati Mereka.

Tantangan baru

“Ini merupakan sesuatu yang sama sekali baru bagi saya, sehingga diawal-awal memang terasa sangat berat, kalau mengurus D’Warung yang sudah sembilan tahun juga toko minuman dan snack disebelahnya, tentunya tidak seberat ini. Tapi mengelola sebuah hotel urusannya ternyata sangat komplek,” ungkap ibu dua putra-putri ini, saat ditemui LombokInsider.com pada (30/9). Namun seiring berjalannya waktu Widayanti mengakui merasa semakin beradaptasi dengan kerjaan barunya ini, walaupun terkadang masih saja membuatnya harus mengeluarkan segala kemampuan yang dimiliki, untuk membangun usaha bersama suaminya ini. Widayanti juga menekankan kepada staffnya untuk bekerja bersama membangun Nutana Hotel dengan semangat kerja, kompak, loyalitas, jujur serta memberikan pelayanan yang terbaik untuk para tamu yang datang menginap juga kemajuan hotel.

Akses dan Fasilitas

Nama Nutana menurut Widayanti diambil dari bahasa sansekerta yang artinya bertahan atau muda dan segar sehingga diharapkan usaha barunya yang masih muda ini akan tetap segar dan bertahan ditengah persaingan hotel-hotel yang banyak tumbuh dan berkembang di Kota Mataram. Natuna Hotel merupakan pilihan baru akomodasi di Mataram, dengan 43 kamar dengan dua tipe yakni superior sebanyak 25 dan deluxe sebanyak 18, terletak di pusat kota Mataram yang akan memberikan kemudahan akses ke pusat pemerintahan, pendidikan, perbelanjaan dan juga hiburan.

Akomodasi. Salah satu Kamar Superior Double yang Tersedia di Nutana Hotel, Mataram.

Akomodasi. Salah satu Kamar Superior Double yang Tersedia di Nutana Hotel, Mataram, dengan Nuansa Warna Lembut dan Elegan.

Selain itu setiap kamar di Nutana Hotel dilengkapi LED TV, free wi-fi, amenities, hot- cold shower dan khusus untuk kamar deluxe mendapatkan fasilitas tambahan seperti safety box dan minibar. Sementara makanan anda tidak perlu khawatir karena ada restoran D’Warung yang menyediakan masakan khas Lombok yang akan memuaskan selera anda, terdiri dari menu prasmanan yang dimasak dengan menu tradisional, selain itu tersedia juga menu nusantara dan mancanegara dilengkapi aneka macam minuman segar menggugah selera. Nutana Hotel juga menawarkan paket khusus bagi penggemar bersepeda dimana para tamu akan diajak menelusuri jalur-jalur sepeda yang menantang yang ada diseputar kota Mataram.

Promosi

“Untuk promosi kami Nutana hotel memanfaatkan media sosial yang ada, selain itu juga melalui media promosi online khusus untuk hotel dan biro perjalanan yang ada di Indonesia,” kata istri dari Adiyasa Kurniawan ini. Menurutnya konsep promosi digital ini memang sangat efektif selain lebih murah juga menghemat

D'Warung Restoran Menyediakan Masakan khas Lombok yang akan Memuaskan Selera Makan Anda.

D’Warung Restoran Menyediakan Masakan khas Lombok yang akan Memuaskan Selera Makan Anda.

waktu dan tenaga, selain promosi digital, Widayanti dan timnya di Nutana juga melakukan promosi langsung atau sales promotion, serta mengikuti pameran-pameran dan direct promotion. Semua itu dilakukan untuk meningkatkan daya jual Nutana sebagai salah satu hotel yang masih baru di Mataram.

Nutana Hotel juga merupakan salah satu anggota dari Asosiasi Hotel Mataram (AHM). “Asosiasi ini sangat bagus dimana kita anggotanya sering mengadakan pertemuan yang membahas berbagai tips dan trik dalam menghadapi masalah yang sering timbul di industri perhotelan, termasuk cara berpromosi, dengan itu kami pihak hotel yang masih baru jadi banyak mendapatkan informasi dan sharing ilmu yang tentunya sangat bermanfaat untuk pengembangan usaha hotel kami sendiri,” lanjut ibu yang hobi jalan-jalan ini.

Pelanggan dan Harapan

Sebagai yang terbilang baru, namun Nutana Hotel sudah mulai banyak dikenal, sehingga pelanggan pun cukup banyak dari seluruh Indonesia bahkan mancanegara. “Biasanya tamu kami banyak pebisnis dari Jakarta, Bandung, Surabaya, Bali dan Makassar. Sementara dari Asean dan Eropa ada, Malaysia, Singapura, Philipina, Jerman, Finlandia, Inggris dan juga Belanda,” ungkap perempuan kelahiran Mataram, 1977 ini. Widayanti berharap

Untuk Kamar Deluxe Twin, Anda akan Mendapatkan Fasilitas Tambahan Safety box dan Minibar.

Untuk Kamar Deluxe Twin, Anda akan Mendapatkan Fasilitas Tambahan Safety box dan Minibar.

kedepannya dunia usaha perhotelan di Mataram khususnya akan semakin berkembang tidak hanya dari segi kuantitas tapi lebih kepada kualitasnya.

“Untuk pemerintah Indonesia, kami berharap akan ada perubahan kebijakan terhadap pemotongan anggaran yang terjadi saat ini, sehingga akan memberikan dampak positif terhadap dunia pariwisata secara umum. Sedangkan untuk pemerintah daerah semoga para pelaku wisata dibantu dan difasilitasi untuk kegiatan-kegiatan terkait promosi, agar kami lebih berkembang dan maju, tentunya hal ini juga akan memberikan dampak positif bagi pendapatan pemerintah daerah juga pariwisata NTB secara umum,” pungkas lulusan Fakultas Ekonomi Akutansi, Universitas 17 Agustus, Surabaya ini. (LI/AA)

About Author: Agus Apriyanto
Past Mine Worker (Corporate Communication Dept). Graphic Designer. Reporter/Editor. Father of 3 Children. Moslem. Lives in Lombok, West Nusa Tenggara, Indonesia. FB: Agus Apriyanto Email: agusborjuswp@gmail.com