Menara Eiffel di Paris

LombokInsider.com – Kedatangan wisatawan internasional mencetak rekor tertinggi sebanyak 1,1 miliar pada 2014, naik dari 1 miliar pada tahun sebelumnya. Ini merupakan tahun kelima berturut di mana jumlah wisatawan menunjukkan peningkatan di atas rerata jangka panjang. Eropa menunjukkan peningkatan tertinggi secara keseluruhan namun Amerika dan Asia menunjukkan peningkatan yang signifikan. Demikian tulis Keith Breene, Senior Writer, Formative Content dalam laman web World Economic Forum, Selasa (12/7).

Kunjungan Wisatawan

Perancis adalah negeri yang paling banyak dikunjungi dengan 83 juta kedatangan wisatawan. Angka ini hampir 10 juta lebih banyak dibanding negeri urutan kedua Amerika Serikat.

Meskipun jumlah wisatawan ke Perancis tetap stabil, Amerika Serikat dan Spanyol, urutan ketiga, menarik empat juta lebih banyak wisatawan dibanding tahun sebelumnya.

Daftar 10 besar negara dengan kunjungan wisatawan asing terbanyak

Daftar 10 besar negara dengan kunjungan wisatawan asing terbanyak

China menarik 55 juta wisatawan, kebanyakan berasal dari Hong Kong, Macau dan Taiwan.

Negeri-negeri lain dalam 10 teratas menunjukkan pertumbuhan yang ajeg dalam jumlah kecuali Meksiko yang meloncat dari 24 juta menjadi 29 juta dalam waktu 12 bulan.

Uang di Bank

Bila diperingkatkan berdasarkan jumlah pendapatan yang didapatkan melalui pariwisata internasional gambarannya berubah secara signifikan.

Amerika Serikat jauh mengungguli di nomor urut pertama dengan $177 miliar. Spanyol nomor urut dua, hanya sepertiga dari Amerika yakni $65 miliar.

China memperoleh pendapatan lebih banyak dibanding Perancis yang meskipun memuncaki daftar urut jumlah kunjungan, namun nomor empat dalam pendapatan yakni hanya $55 miliar.

Thailand dan Hong Kong keduanya muncul di 10 teratas pendapatan meskipun tidak masuk dalam 10 besar jumlah kunjungan.

Daftar 10 besar negara dengan penerimaan terbanyak dari wisatawan asing.

Daftar 10 besar negara dengan penerimaan terbanyak dari wisatawan asing.

Di Indonesia, pada 2014 jumlah kunjungan wisatawan asing mencapai 9,44 juta orang dan menyumbang devisa sebesar US$ 10,69 miliar atau setara dengan Rp 136 triliun.

Pesawat, Kereta dan Mobil

Dilihat dari moda transportasi yang digunakan oleh pelancong internasional, tidak mengejutkan bahwa perjalanan udara adalah yang paling umum; yakni 54% pelancong terbang ke suatu tujuan.

Kebanyakan sisanya menggunakan mobil, dengan 39% pelancong tiba melalui jalan darat. Hanya 5% yang berlayar dalam perjalanan internasional mereka dan bahkan hanya 2% yang menggunakan kereta api antar negara. (LI/SP)

About Author: Kasan Mulyono
Writer. Lecturer. Ph.D in Economics. Mine worker. PR veteran. Casual cyclist. Father of 4. Husband to Kartina. Moslem. Lives in Lombok & West Sumbawa, West Nusa Tenggara, Indonesia. FB: KasanMulyono2015 Email: k_mulyono@yahoo.com Twitter: KasanMulyono Instagram: KasanMulyono