Jatatur Mataram

Mataram, LombokInsider.com – Yang jamak terjadi adalah perusahaan nasional yang berbasis di Jakarta atau Surabaya membuka cabang di daerah. Ini malah sebaliknya, sebuah perusahaan daerah yang go national. Itulah yang terjadi pada Jatatur, biro perjalanan asli Lombok yang telah membuka cabang di empat kota besar Indonesia.

“Jatatur memulai usaha biro perjalanan pada 1997 dengan hanya satu komputer dengan 5 karyawan. Kini kami telah memiliki 40 karyawan di kantor pusat Mataram saja,” kata Ahmad Fakhruddin,  Supervisor Jatatur kepada LombokInsider.com di kantor pusat di Jl. Panca Usaha, Komplek Pertokoan Cilinaya, Blok A 11-13 Mataram.

Tidak saja jumlah karyawan yang bertambah. Jatatur pun kini telah membuka kantor cabang utama di Denpasar, Surabaya dan Palu; serta cabang pembantu di seluruh wilayah NTB, Jatim serta Jakarta,” kata Faru yang telah bekerja di Jatatur sejak 2002.

24 JAM. Petugas Jatatur sedang melayani pelanggan di kantor pusat di Mataram

24 JAM. Petugas Jatatur sedang melayani pelanggan di kantor pusat di Mataram

“Alhamdulillah kami dipercaya oleh para pelanggan sebagai operator mereka, karena mereka senang dan puas dengan pelayanan kami,” ungkap Faru.

Beberapa kali Jatatur mendapatkan penghargaan sebagai Top Agent dari berbagi maskapai penerbangan tidak lantas membuat Jatatur terlena. “Pelayanan terbaik tetap kami utamakan, karena kepuasan pelanggan merupakan prioritas kami, bukan penghargaan,” lanjut Faru.

Layanan 24 Jam

Salah satu kelebihan Jatatur adalah pelayanan 24 jam. Tentu saja ini sangat memudahkan bagi pelanggan karena memberikan kelonggaran waktu untuk mendapatkan layanan perjalanan. “Kami di Jatatur mempunyai komitmen memberikan pelayanan 24 jam dalam sehari, 6 hari dalam seminggu,” jelas Faru.

Jatatur membuka jam pelayanan kantor dari 09:00 pagi sampai 23:00. Namun mereka tetap membuka jalur pemesanan melalui telpon dan email selama 24 jam.

Sasak Tour

Selain melayani penjualan tiket pesawat terbang, Jatatur juga menjual pelbagai paket tur. Paket wisata yang dijual oleh Jatatur antara lain Sasak Tour, City Tour, Gili Tour dan juga kapal pesiar. “Yang paling diminati wisatawan adalah Sasak Tour dan Gili Tour. Sedang untuk tur kapal pesiar belum terlalu banyak peminat karena lumayan mahal,” kata Faru.

Menurutnya pelanggan Jatatur banyak dari kalangan instansi pemerintah, swasta dan juga perorangan yang hingga kini masih sangat percaya serta terkesan dengan pelayanan paripurna yang diberikan sesuai dengan mottonya Jatatur Solusi Perjalanan Anda.

Perkembangan dan kemajuan pariwisata di NTB membuat usaha-usaha biro perjalanan seperti Jatatur bisa berkembang pula. Ini tidak lepas dari peran penting pemerintah dalam mengembangkan industri pariwisata di NTB.

“Kami berharap pemerintah untuk terus membantu meningkatkan promosi pariwisata yang ada di NTB. Juga perlu ada sinergi yang kuat antara pemerintah dan pelaku industri pariwisata agar pariwisata NTB lebih maju lagi,” pungkas Faru.

 

Pewarta: Agus Apriyanto

Penyunting: Kasan Mulyono

About Author: Kasan Mulyono
Writer. Lecturer. Ph.D in Economics. Mine worker. PR veteran. Casual cyclist. Father of 4. Husband to Kartina. Moslem. Lives in Lombok & West Sumbawa, West Nusa Tenggara, Indonesia. FB: KasanMulyono2015 Email: k_mulyono@yahoo.com Twitter: KasanMulyono Instagram: KasanMulyono