Palawan, Filipina. Pulau Terbaik Dunia 2016

Palawan di Filipina kembali menduduki peringkat pertama pulau terbaik dunia pada 2016 setelah pada 2013 meraih gelar yang sama. Pulau ini terkenal dengan pegunungan hijau, laut biru dan karang yang indah. Palawan juga memiliki sungai bawah air sepanjang 8 km dengan gua-gua indah. (Foto: Visit Palawan)

 

LombokInsider.com – Setiap tahun majalah pariwisata Amerika Travel + Leisure melakukan survei dan membuat peringkat tentang pelbagai aspek pariwisata dunia yang disebut World’s Best Awards. Salah satunya adalah untuk kategori pulau terbaik dunia. Pulau Bali masuk di urutan nomor 10. Sayangnya Lombok belum berhasil masuk dalam penghargaan ini.

“Setiap tahun, dalam survei ini, para pembaca diminta untuk memberikan penilaian mengenai pengalaman berwisata mereka di seluruh dunia untuk membagi opini mereka mengenai kota, pulau, kapal pesiar, spa dan penerbangan terbaik. Pembaca memeringkatkan pulau berdasarkan kegiatan dan pemandangan, daya tarik alam dan pantai, makanan, keramah-tamahan dan nilai secara keseluruhan,” kata Melanie Lieberman, redaksi T + L.

Peringkat

Nama Pulau

Skor

10 Bali, Indonesia 88,24
9 Kauai, Hawaii 88,33
8 Hilton Head, South Carolina 88,35
7 Maui, Hawaii 88,55
6 Cebu, Philippines 88,65
5 Santorini, Greece 89,07
4 Waiheke Island, New Zealand 90,00
3 Ischia, Italy 90,22
2 Boracay, Philippines 90,47
1 Palawan, Philippines 93,71
Terbaik Nomor 5. Santorini, Yunani.

Terbaik Nomor 5. Santorini, Yunani.

 

Juara tahun ini adalah Filipina dengan menempatkan 3 pulaunya pada peringkat pertama, kedua dan keenam. Keunggulan Filipina menunjukkan bahwa pelancong yang serius rela bepergian jarak jauh untuk mendapatkan imbalan berupa air yang jernih dan pantai-pantai putih. “Tidak ada momen yang menjemukan di Cebu,” kata seorang pembacar T + R, yang menyebut pulau Filipina, yang berada di peringkat 6, merupakan “sempurna untuk pelancong yang tidak ingin mengeluarkan banyak uang untuk kegiatan rekreasi.” Jalan-jalan di antara tebing-tebing, berenang dengan ikan hiu, dan meloncat dari puncak air terjun adalah beberapa kegiatan yang bisa dilakukan oleh pelancong.

Tidak jauh dari sana ada pulau Boracay, yang oleh salah satu pembaca sebut sebagai ‘harta karun alami’. Permata mahkota destinasi tropis ini adalah Shangri-La’s Boracay Resort (No. 8 dalam resor terbaik Asia Tenggara tahun ini Top Resort Hotels in Southeast Asia), yang terletak di teluk dan menawarkan tamu kemewahan puncak di tengah-tengah perbukitan hijau dan pantai-pantai berpasir lembut.

Nomor 7. Pulau Maui, Hawaii.

Nomor 7. Pulau Maui, Hawaii. Menyaksikan ikan hiu bermain-main di laut.

Tidak semua pulau yang masuk dalam daftar ini adalah terpencil dan eksotik. Pulau Hilton Head, di lepas pantai South Carolina, merupakan kawasan berarsitektur perkebunan, lapangan golf, dan makanan pedesaan. Dan sebagai rute persinggahan utama migrasi, Hilton Head merupakan surga bagi pecinta burung.

Pulau Maui dan Kauai di Hawaii, yang muncul di daftar sepuluh besar dari tahun ke tahun, menawarkan daya tarik pulau terpencil dan kenyamanan dan kemudahan. “Bagi saya,” kata seorang peserta survei, “pergi ke Maui adalah seperti pulang ke rumah sendiri: nyaman, akrab dan indah.”

Namun, ada kesamaan pada semua pulau-pulau tersebut yakni keindahan surgawi dan bisa membawa pelancong menuju suasana kebahagiaan sempurna. (LI/KM)

 

About Author: Kasan Mulyono
Writer. Lecturer. Ph.D in Economics. Mine worker. PR veteran. Casual cyclist. Father of 4. Husband to Kartina. Moslem. Lives in Lombok & West Sumbawa, West Nusa Tenggara, Indonesia. FB: KasanMulyono2015 Email: k_mulyono@yahoo.com Twitter: KasanMulyono Instagram: KasanMulyono