Rute Kapal Pesiar Dawn Princess

Mataram, LombokInsider.com – Kapal pesiar Dawn Princess berkunjung ke Lombok mulai Sabtu (9/7) dengan membawa 2.500 penumpang. Sebagian besar penumpang tersebut melakukan tur ke Pantai Senggigi, Pasar Seni Senggigi, Cocotinus Sekotong, Taman Lingsar, Museum Negeri NTB, dan Gili Trawangan. Namun, ke mana saja rute kapal pesiar ini selain ke Lombok?

Menurut laman web Dawn Princess kapal ini melayani puluhan rute wisata pesiar ke seluruh dunia termasuk ke Indonesia. Paket pesiar ke Indonesia merupakan paket pergi pulang 15 Hari yang berangkat dari kota pelabuhan Fremantle di Australia Barat. Paket ini dijual paling murah Au$1580 atau sekitar Rp15,6 juta untuk kamar yang di dalam. Sedangkan untuk kamar yang menghadap ke laut dijual Au$2210 atau sekitar Rp21,8 juta per orang.

Pertujunjukan Musik. Banyak hiburan di atas kapal agar wisatawan berkesan.

Pertujunjukan Musik. Banyak hiburan di atas kapal agar wisatawan berkesan.

Dari Fremantle, kapal akan berlayar selama empat hari sebelum mencapai Pulau Komodo di Nusa Tenggara Timur di mana tamu akan dibawa tur seharian. Setelah itu perjalanan dilanjutkan ke Makassar dan bermalam di sana. Dari Makassar, perjalanan dilanjutkan ke Semarang mengunjungi Borobudur, Probolinggo mengunjungi Gunung Bromo, lalu ke Bali untuk mengunjungi Ubud, Denpasar, rafting dll. Dari Bali, kepal melanjutkan perjalanan ke Lembar, Lombok.

Tur di Lombok

Banyak paket tur yang ditawarkan selama di Lombok. Yang pertama adalah paket cuci mata dan keliling kota dengan mengunjungi Pura Lingsar, Taman Air Mayura dan Sukarara. Paket kedua adalah kunjungan ke kampung kerajinan yakni Sesela yang terkenal akan kerajinan cukli dan Banyumulek yang kondang dengan kerajinan gerabah tanah lempung.

Paket budaya Lombok dan Pantai Senggigi yang ditawarkan merupakan paket sehari penuh yang mengunjungi Narmada, Lingsar, Banyu Mulek dan Senggigi.

Hidangan Mewah. Kuliner internasional disajikan oleh chef kelas dunia di atas kapal.

Hidangan Mewah. Kuliner internasional disajikan oleh chef kelas dunia di atas kapal.

Paket berikutnya adalah Sasak Traditional Houses, Crafts Villages & Kuta Beach yang mengunjungi Banyu Mulek, Sukarara dan Pantai Kuta.

Tur Mataram Highlight merupakan tur setengah hari yang singkat namun padat dengan mengunjungi museum NTB, Pura Lingsar dan Pasar Seni Sayang-sayang. Tur setengah hari lainnya adalah ke Sekotong dan Pantai Cocotinus. Juga ditawarkan tur dengan pengaturan sendiri ke Pantai Senggigi dan tur petualangan ke Gili Trawangan.

Untuk 2016 ini, ada 18 kapal pesiar dari berbagai negara yang akan singgah ke Lombok, di mana pada Juli 2016 ini saja ada 4 kapal pesiar yang singgah dan berlabuh di Pelabuhan Lembar. Bila setiap kapal dimuati 2000 pelancong, maka ada potensi 36.000 wisatawan asing berkelas yang bisa direbut Lombok. Tentu saja ini pasar yang besar dan perlu dipertahankan dan ditingkatkan agar mereka kembali lagi ke Lombok dengan kesan yang baik dan menjadi duta promosi sukarela.

“Pemerintah daerah atau pengelola obyek wisata agar memperhatikan kebersihan destinasi, serta melengkapi obyek wisata dengan fasilitas publik seperti toilet, kamar mandi, dan lainnya yang memadai. Soal sampah dan toilet ini yang masih menjadi keluhan para wisatawan kapal pesiar,” kata Director Lombok Paradise Tour & Travel, Heri Nurcahyono. (LI/KM)

About Author: Kasan Mulyono
Writer. Lecturer. Ph.D in Economics. Mine worker. PR veteran. Casual cyclist. Father of 4. Husband to Kartina. Moslem. Lives in Lombok & West Sumbawa, West Nusa Tenggara, Indonesia. FB: KasanMulyono2015 Email: k_mulyono@yahoo.com Twitter: KasanMulyono Instagram: KasanMulyono