Praya, LombokInsider.com – Pada Jum’at (20/10) Menteri Pariwisata (Menpar) RI, Arief Yahya mengunjungi lokasi proyek pembangunan Politeknik Negeri Pariwisata (Poltekpar) Lombok untuk melihat langsung progres pembangunan Poltekpar Lombok ini, sekaligus penandatanganan prasasti peletakan batu pertama.

Pada sambutannya Menpar Arief Yahya (AY) mengatakan bahwa pembangunan gedung kampus Poltekpar Negeri Lombok ini menggunakan standar global yang telah ditetapkan UNWTO (Tedqual). Menpar menjelaskan mengenai pembagian Center of Exellence di 6 Perguruan Tinggi Pariwisata Kemenpar dan Poltekpar Lombok mendapat bagian Culinary Tourism.

Menpar menargetkan perlengkapan laboratorium Kuliner di Poltekpar Negeri Lombok paling lengkap di antara UPT lain. Terkait peresmian KEK Mandalika, Menpar AY menyampaikan doa kepada seluruh mahasiswa yang hadir.

“Saya doakan kalian semua yang hadir, nantinya akan menjadi manajer hotel-hotel di KEK Mandalika, Kuta,” kata Menpar, yang diaminkan oleh para undangan yang hadir.

Pembagian Center of Exellence pada keenam Perguruan Tinggi Pariwisata Kemenpar antara lain, Geoturism-Akpar Medan, Halal Tourism-STP Bandung, Sport Tourism-Poltekpar Palembang, Culture Tourism-STP Bali, Maritime Tourism-Poltekpar Makassar dan Culinary Tourism-Poltekpar Lombok.

Pada akhir sambutannya, Menpar berpesan, agar 10 persen dari lulusan Poltekpar Negeri Lombok nantinya dapat menjadi entrepreneur sejati.

Acara peninjauan ditutup dengan penandatanganan prasasti peletakan batu pertama pembangunan yang dilanjutkan kegiatan mengelilingi lokasi pembangunan Poltekpar Lombok oleh Menpar AY.

Seperti diketahui pembangunan kampus Poltekpar Negeri Lombok diatas tanah seluas 20 hektar di Puyung, Lombok Tengah ini akan mengadopsi konsep “Green Friendly Campus” atau kampus yang ramah lingkungan dan akan mengadopsi unsur-unsur kearifan lokal dalam pembangunanya, serta dihajatkan menjadi yang terbaik di Indonesia.

Hadir pada acara ini mendampingi Menpar, Wakil Gubernur Muhammad Amin, Deputi BPKK, Ahman Sya, Ketua Tim Pengembangan 10 DPP, Kadispar NTB dan undangan lainnya. (LI/SP/AA)

About Author: Agus Apriyanto
Past Mine Worker (Corporate Communication Dept). Graphic Designer. Reporter/Editor. Father of 3 Children. Moslem. Lives in Lombok, West Nusa Tenggara, Indonesia. FB: Agus Apriyanto Email: agusborjuswp@gmail.com