Mataram, LomboInsider.com – Sebagai bagian dari salah satu mata kuliah praktek di Poltekpar Negeri Lombok. Mahasiswa Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Negeri Lombok melakukan studi visit ke Sudamala Suites and Villas Senggigi, Lombok. Kegiatan tersebut mengusung tema “Room Division and Hotel Inspection Class”, diikuti oleh 4 dosen pendamping dan 27 mahasiswa D.3 Prodi Divisi Kamar.

Program ini memang menjadi bagian kerjasama antara lembaga pendidikan tinggi di bawah Kementerian Pariwisata dengan pihak industri pariwisata di Lombok. “Kami berharap dari hal ini, dapat meningkatkan profesionalisme mahasiswa sehingga nantinya ketika tiba waktunya untuk terjun langsung ke dunia industri pariwisata seperti perhotelan, tour & travel dan lainnya mereka telah siap,” kata Firman Koma Febdilan, Kepala Prodi Divisi Kamar.

Firman menyampaikan bahwa program ini merupakan bagian dari mata kuliah yang wajib diikuti oleh setiap mahasiswa. Tujuannya adalah agar mahasiswa mendapat pengetahuan lebih di luar pendidikan yang diberikan di dalam kelas. Selain itu juga mahasiswa akan mendapatkan pengetahuan dan pengalaman dari pihak industri. “Bahkan pada semester 3 nanti, mahasiswa akan ditempatkan selama 6 bulan di industri terkait untuk praktek kerja industri (prakerin),” ujar Firman.

“Jadi, sebelum mereka masuk ke industri, kami mengajak mereka datang langsung ke industri untuk melihat, mengobservasi dan mempraktekkan secara langsung bagaimana kebutuhan industri terhadap standar kompetensi SDM yang dibutuhkan. Setelah kami ajak mereka berkunjung, mereka sudah mendapatkan gambaran prakerin selama 6 bulan nantinya,” pungkasnya.

Program ini disambut baik oleh pihak industri dan berharap agar kegiatan serupa dapat berkelanjutan karena industri juga akan terbantu dalam menyiapkan SDM yang dibutuhkan. Pihak industri juga dapat menilai secara langsung skill para calon pengabdi pariwisata tersebut.

Bahkan dari kegiatan ini, salah satu mahasiswa langsung direkrut sebagai night audit di Sudamala Suites and Villas, Senggigi. Kedepan, sumberdaya manusia pariwisata di NTB akan lebih siap bersaing secara profesional untuk masuk ke industri pariwisata setelah menempuh pendidikan di Poltekpar Negeri Lombok. (LI/AP/AA)

 

About Author: Agus Apriyanto
Past Mine Worker (Corporate Communication Dept). Graphic Designer. Reporter/Editor. Father of 3 Children. Moslem. Lives in Lombok, West Nusa Tenggara, Indonesia. FB: Agus Apriyanto Email: agusborjuswp@gmail.com