Senggigi, LombokInsider.com – Sebagai upaya untuk terus meningkatkan kualitas SDM hotelier, khususnya dalam bidang Food & Baverage, menggandeng Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Jaminan Mutu dan Keamanan Pangan (JMKP), Indonesian Hotel General Manager Association (IHGMA) chapter Lombok menggelar Sertifikasi Kompetensi Kerja, Penjamah Makanan dan Minuman, pada Senin-Selasa (26-27/11) di Aruna Senggigi, Resort & Comvention.

“Ini memang telah menjadi komitmen kami dimana IHGMA chapter Lombok lahir untuk memberikan yang terbaik bagi pariwisata NTB, khususnya di bidang peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) GM, Manager dan karyawan di semua lini dalam bisnis perhotelan,” kata Buchari, CHA, General Manager, Bel Air Resort & Spa, Gili Air.

Menurutnya, para peserta sangat antusias mengikuti uji kompetensi dan sertifikasi ini.

“Awalnya kuota hanya 50 orang, tapi ternyata pendaftar melebihi kuota, bahkan hingga pelaksanaan, jumlahnya membludak jadi 120 orang, ini luar biasa,” ujar Ketua Bidang Sertifikasi dan Akreditasi IHGMA chapter Lombok ini.

Lebih lanjut, Buchari menjelaskan bahwa IHGMA juga telah menjalin kerjasama dengan lembaga-lembaga pendidikan, seperti Poltekpar Negeri Lombok dan bebberapa SMK Pariwisata dalam menyediakan tenaga pengajar professional dari industri, sebagai dosen vokasi.

Sementara Tetuko Dito Widarso, mewakili LSP JMKP mengatakan sangat senang bisa membantu pelaksanaan uji kompetensi dan akreditasi ini.

“Kami LSP JMKP memang telah mendapat mandat dari pemerintah dalam hal ini Kementrian Pariwisata RI untuk melaksanakan uji komptensi dan food handler di tiga provinsi sekaligus, termasuk di Lombok, NTB ini,” jelas Dito, Relation & IT System Manager di LSP JMKP.

LSP JMKP merupakan lembaga sertifikasi dibawah BNSP yang merupakan kepanjangan tangan dari pemerintah dalam memberikan pelayanan kompetensi atau sertifikasi jaminan mutu pangan dan food safety.

“Antusias para peserta sangat luar biasa, sebenarnya sertifikasi kompetensi seperti ini sangat diperlukan oleh industri perhotelan. Sehingga tamu yang menginap merasa aman dan nyaman dalam menikmati hidangan yang disajikan, karena dilayani oleh tenaga professional yang telah tersertifikasi,” ujar Srihartoto, GM Aruna Senggigi, Resort & Convention, pada sambutannya sebagai tuan rumah.

Toto juga berterima kasih, karena panitia pelaksana telah memilih Hotel Aruna Senggigi sebagai tempat pelaksanaan uji komptensi ini.

Selain untuk meningkatkan kualitas SDM perhotelan dan restoran di bidang food handler, pelatihan ini juga dimaksudkan untuk memperjelas bahwa saat ini kondisi Lombok dan Sumbawa sudah aman untuk dikunjungi oleh wisatawan, pasca gempa yang terjadi Juli-Agustus lalu. (LI/AA)

 

About Author: Agus Apriyanto
Past Mine Worker (Corporate Communication Dept). Graphic Designer. Reporter/Editor. Father of 3 Children. Moslem. Lives in Lombok, West Nusa Tenggara, Indonesia. FB: Agus Apriyanto Email: agusborjuswp@gmail.com