Mataram, LombokInsider.com – Etape ketiga Tour de Lombok Mandalika (TdLM) 2018 berlangsung aman dan sukses pada Ahad (15/4). Dengan demikian berakhir sudah gelaran balap sepeda internasional yang telah berlangsung selama tiga hari (13-15/4).

Akhirnya, Tim Sapura Cycling dari Malaysia keluar sebagai juara umum, setelah pada akhir klasemen berhasil mencatatkan waktu tercepat selama tiga etape dengan catatan 29:18:48. Hal ini juga karena secara point, para pebalap dari Tim Sapura Cycling Malaysia menempati sepuluh besar. Disusul ditempat kedua Tim KFC Cycling dari Indonesia dan UKYO dari Jepang yang merupakan juara tahun lalu.

Berikut hasil lengkap ketiga etape selama pelaksanaan TdLM 2018, etape ketiga Tour de Lombok Mandalika 2018 yang berlangsung pada Ahad (15/4), Shiki Kuroeda asal Jepang yang memperkuat Asian Racing Team menjadi yang tercepat dengan catatan waktu 2:39:39. Disusul Anuar Manan dari Forca Amskin asal Malaysia dan ketiga Aiman Cahyadi asal Indonesia yang memperkuat Sapura Cycling Team.

Pada etape pertama pebalap asal Negara Eritrea, Metkel Eyob menjadi yang paling cepat mencapai garis finish dengan catatan waktu 1:52:14. Disusul ousif Mohammed Ahmed Mirza Al Hamadi dengan catatan waktu 1:52:15. Ketiga Choon Huat Goh dari tim Trengganu Cycling Club di peringkat ketiga dengan waktu 1:52:20. Etape pertama ini mengambil start di Pantai Kuta Lombok Tengah dan berakhir di Kantor Gubernur NTB.

Sedangkan pada etapa kedua, Muhammad Zawawi Azman pebalap yang memperkuat Tim Sapura Cycling asal Malaysia menjadi yang tercepat dengan catatan waktu 5:11:49. Sedangkan di posisi kedua ada Alvaro Raul Duerte Sandoval dengan waktu tempuh 5:12:13 dari Tim Forca Amskins Cycling. Disusul pada posisi ketiga Wilman Zahir Perez Munoz dengan catatan waktu 5:12:16 berasal dari tim yang sama dengan Zawawi yaitu Tim Sapura Cycling.

Etape pertama rute Pantai Kuta Mandalika-Mataram sejauh 84,4 Km berlangsung Jum’at (13/4). Etape kedua, Islamic Center-Sembalun sejauh 172,4 Km Sabtu (14/4) dan etape ketiga mengelilingi Kota Mataram sejauh 121 Km pada Ahad (15/4).

Para juara dan sejumlah peserta lainnya mengatakan sangat terpukau dengan keindahan alam Pulau Lombok, karena sepanjang lomba pada ketiga etape, mereka disuguhkan pemandangan alam yang indah, dari pantai, perbukitan lembah dan juga perkotaan.

Even ini juga sekaligus menjadi ajang promosi oleh Dinas Pariwisata NTB tentang potensi wisata olahraga yang dimiliki NTB, khususnya di Pulau Lombok. Acara ini terselenggara berkat kerjasama Pemerintah Provinsi NTB, melalui Dinas Pariwisata NTB dengan Uni Cyliste Internationale (UCI) dan PB ISI. (LI/AA)

About Author: Agus Apriyanto
Past Mine Worker (Corporate Communication Dept). Graphic Designer. Reporter/Editor. Father of 3 Children. Moslem. Lives in Lombok, West Nusa Tenggara, Indonesia. FB: Agus Apriyanto Email: agusborjuswp@gmail.com