Mataram, LombokInsider.com – Bertemu dengan Ernanda A Dewobroto, GM Golden Palace Hotel yang merupakan Ketua Asosiasi Hotel Mataram (AHM) sekaligus juga Wakil Ketua PHRI NTB, Wakil Duta Besar Australia untuk Indonesia Allaster Cox, menyatakan siap membantu recovery pariwisata di Nusa Tenggara Barat (NTB), pasca gempa dua bulan lalu.

Selain untuk menyatakan apresiasi secara khusus kepada Golden Palace Hotel terkait penanganan tamu Australia saat terjadi gempa 5 Agustus lalu, Allaster Cox mewakili pemerintah Australia juga berjanji akan membantu mempromosikan pariwisata Lombok dan Sumbawa di Australia agar dapat segera bangkit.

“Kami akan bantu untuk promosikan Lombok dan Sumbawa di Australia dan akan bersurat kepada maskapai penerbangan Jetstar agar mempertimbangkan untuk membuka kembali jalur penerbangan langsung ke Lombok dalam waktu dekat,” jelas Allaster Cox, Sabtu (27/10) lalu.

Wakil Duta Besar Australia untuk Indonesia ini menyatakan siap membantu pemulihan atau recovery pariwisata Lombok dan Sumbawa pasca gempa, dengan cara mempromosikan destinasi-destinasi wisata di Lombok dan Sumbaw yang tidak terdampak gempa.

Allaster Cox juga merasa prihatin dengan keadaan yang terjadi di pusat gempa, yakni di daerah Lombok Utara dan Lombok Timur.

“Dua hari ini, kami beserta rombongan telah berkunjung dan memberikan bantuan kepada para korban gempa di Lombok Utara dan Timur, kami ikut prihatin atas bencana gempa ini,” ujarnya.

Sebagai Ketua AHM, Ernanda menyambut gembira dan antusias pernyataan Wakil Dubes Australia untuk Indonesia ini, karena menurutnya hal ini akan berdampak positif terhadap pariwisata NTB pasca gempa.

“Kami mengucapkan banyak terima kasih atas kesanggupan dari Wadubes Australi untuk membantu proses recovery yang sedang berlangsung saat ini,” kata Ernanda.

Sesuai dengan arahan Gubernur NTB, untuk memulihkan pariwisata NTB lebih cepat, salah satunya memang dengan memperbanyak direct flight dari luar daerah NTB, maupun mancanegara.

“Ini sangat sesuai dengan arahan Gubernur, jika Jetstar atas masukkan dari Kedubes Australia akan kembali terbang langsung ke Lombok, maka akan dipastikan pariwisata NTB akan segera pulih,” tegas Ernanda, yang juga merupakan Wakil Ketua IHGMA Lombok.

Dalam waktu tiga bulan, terhitung sejak September lalu, Kemenpar RI bersama Dispar NTB dan seluruh asosiasia pariwisata NTB, memang telah menargetkan masa recovery pariwisata NTB yang terdampak gempa.

Seperti diketahui pasca gempa, maskapai penerbangan yang ada baik domestik maupun internasional mengurangi frekuensi penerbangannya ke Lombok. (LI/AA)

About Author: Agus Apriyanto
Past Mine Worker (Corporate Communication Dept). Graphic Designer. Reporter/Editor. Father of 3 Children. Moslem. Lives in Lombok, West Nusa Tenggara, Indonesia. FB: Agus Apriyanto Email: agusborjuswp@gmail.com