Mataram, LombokInsider.com – Gubernur Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) DR. Zulkieflimansyah berpesan kepada Kepala Dinas Pariwisata (Kadsipar) NTB untuk dapat memperbanyak Direct Flight dan even Internasional ke Pulau Lombok. Hal ini disampaikan Gubernur pada acara Silaturahmi Bersama Insan Pariwisata NTB, di halaman Kantor Dinas Pariwisata NTB, Rabu malam (3/10).

“Jika ingin pariwisata kita cepat maju pasca bencana gempa ini, harus diperbanyak Direct Flight ke Pulau Lombok. Ini tugas utama Pak Kadispar,” katanya.

Gubernur yang baru dua pekan dilantik ini menambahkan bahwa untuk mendukung kemajuan suatu destinasi pariwisata, hal yang paling penting dilakukan adalah menambah dan memperbanyak penerbangan langsung maskapai internasional ke Lombok.

“Selain direct flight, perbanyak juga even internasional agar bisa dilaksanakan di Lombok. In Sya Allah, jika ini bisa terlaksana kunjungan wisatawan ke Lombok dan Sumbawa akan meningkat, karena akses yang terbuka memudahkan wisatawan untuk menikmati keindahan destinasi wisata di NTB,” jelas Zulkieflimansyah.

Gubernur optimis, pariwisata NTB dapat segera bangkit dan akan lebih baik lagi, pasca gempa yang mengguncang Lombok dan Sumbawa dua bulan yang lalu.

Sementara pada laporannya Kadispar NTB, HL. Moh. Faozal menjelaskan bahwa recovery pariwisata NTB ditargetkan oleh kemepar selama tiga bulan mulai September lalu.

“Alhamdulillah berbagai upaya recovery telah kami lakukan dibantu oleh Kemenpar RI. Saat ini tiga gili, khususnya Gili Trawangan sudah mulai pulih, kunjungan wisatawan bahkan telah mencapai 1000-1500 orang perhari,” jelas Faozal.

Selain itu, menurutnya pihaknya dan seluruh stakeholder pariwisata juga terus mempromosikan destinasi-destinasi wisata yang tidak terdampak gempa seperti, Pantai Kuta Mandalika, Pulau Moyo dan Tambora.

“Bantuan berupa Hunian Sementara (Huntara) juga akan kami salurkan untuk masyarakat di Senaru, Lombok Utara, yang merupakan salah satu destinasi wisata binaan Dispar NTB,” ujarnya.

Faozal menegaskan, berbagai upaya pengalihan even untuk dapat dilaksanakan di Lombok juga terus dilakukan, harapannya agar pelaku industri pariwisata dapat segera bangkit dan bergairah kembali seperti sebelum gempa.

Pada acara silaturahmi ini, berbagai masalah dan solusi diungkapkan oleh stakeholder pariwisata yang hadir dan langsung ditanggapi oleh Gubernur NTB, untuk dicarikan solusi terbaiknya dalam mempercepat recovery pariwisata NTB.

Silaturahmi ini dihadiri seluruh stakeholder pariwisata yang ada di NTB seperti, PHRI, AHM, ASITA, HPI, ASTINDO, PUTRI, ASPPI, INCA BPPD, IHGMA, Poltekpar Negeri Lombok dan juga TNGR. (LI/AA)

About Author: Agus Apriyanto
Past Mine Worker (Corporate Communication Dept). Graphic Designer. Reporter/Editor. Father of 3 Children. Moslem. Lives in Lombok, West Nusa Tenggara, Indonesia. FB: Agus Apriyanto Email: agusborjuswp@gmail.com