Praya, LombokInsider.com – Menjelang pelaksanaan Mandalika Fashion Carnival yang merupakan bagian dari parade budaya dalam rangkaian Festival Pesona Bau Nyale 2018, Kota Praya, Ibukota Kabupaten Lombok Tengah, Senin (5/3) sempat diguyur hujan lebat. Setelah hujan reda, pada pukul 14:30 acara parade budaya segera dimulai.

Mandalika Fashion Carnival

Parade budaya yang dikemas dalam Mandalika Fashion Carnival bertemakan Legenda Putri Mandalika. Kegiatan ini menampilkan berbagai macam budaya adat Sasak Lombok dan legenda Putri Mandalika ini, menyedot perhatian ribuan warga yang ada di Gumi Tastura dan sejumlah wisatawan asing yang ikut hadir.

Kegiatan itu juga dimeriahkan penampilan anggota Polres Lombok Tengah yang dipimpin langsung Kapolres, AKBP Kholilur Rocman. Berbagai kostum warna-warni dikenakan oleh para peserta parade menambah meriahnya acara ini.

Kegiatan yang melibatkan bahkan hingga ribuan peserta berlangsung lancar, meriah penuh warna, diikuti oleh 12 kecamatan dan 110 desa se-Kabupaten Lombok Tengah. Seluruh SKPD serta sejumlah sekolah yang ada di Lombok Tengah juga terlibat.

Sinergitas yang Baik

“Kegiatan merupakan bentuk sinergitas yang baik antara pemerintah provinsi bersama Pemerintah Lombok Tengah, serta Polres Loteng dalam rangka memeriahkan Festival Bulan Pesona Bau Nyale 2018. Ini sungguh luar biasa, karena semua budaya yang ada di Lombok ditampilkan semua,” kata Pejabat Bupati Loteng L. Fathul Bahri.

“Mandalika Fashion Carnaval ini salah satu bagian dari ajang promosi pariwisata di Lombok Tengah. Sekaligus menunjukan betapa sangat beragamnya seni dan budaya yang ada di Lombok,” ujar Wakil Bupati Loteng ini.

Untuk itulah, orang nomor dua di Bumi Tastura itu menyampaikan aspirasi kepada semua pihak yang telah ikut mendukung dan mensuksekan kegiatan Mandalika Fashion Carnival yang merupakan rangkaian dari Festival Pesona Bau Nyale 2018.

100 Wonderful Event Kemenpar RI

Sementara Kepala Dinas Pariwisata NTB, HL. Moh. Faozal, merasa sangat bangga karena tahun 2018 ini Festival Pesona Bau Nyale masuk dalam 100 Wonderful Event Kemenpar RI.

“Kita patut berbangga karena Festival Pesona Bau Nyale masuk dalam 100 Wonderful Event Kemenpar. Ini merupakan hasil sinergitas yang baik dari Pemprov NTB dan Pemkab Loteng,” ucapnya.

“Yang paling penting adalah Festival Pesona Bau Nyale sebagai 100 Wonderful Event, yang harus kita harus lakukan adalah menata dan meningkatkan kualitas manajemen, sumber daya pengelolaan dan dampak evennya terhadap kunjungan wisatawan, agar bisa terukur dan bisa tetap bertahan dalam 100 Wonderful even tahun depan,” ungkapnya.

“Even ini merupakan acara tahunan yang selalu ditunggu masyarakat luas dan salah satu yang tertua di Lombok jadi dapat dipastikan akan dihadiri hingga ratusan ribu orang, karena seperti tahun-tahun sebelumnya selalu ramai pengunjung,” tegas Faozal.

Kegiatan Mandalika Fashion Carnaval ini, mulai start dari depan Hotel Aerotel Praya melewati panggung kehormatan, menuju perempat samping Kantor Bupati Lombok Tengah belok kanan melewati depan Masjid Agung Praya. Selanjutnya dari depan Masjid Agun, peserta belok ke kanan melewati Alun-alun Tatura Praya dan Finish di Lapangan Bundar Praya.

Hadir di Panggung kehormatan, Ketua DPRD Lombok Tengah, Sekda Lombok Tengah, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi NTB, Para Asisten, Kepala SKPM Loteng, Camat dan wisatawan asing dari RRC serta disaksikan ribuan masyarakat. (LI/AA)

About Author: Agus Apriyanto
Past Mine Worker (Corporate Communication Dept). Graphic Designer. Reporter/Editor. Father of 3 Children. Moslem. Lives in Lombok, West Nusa Tenggara, Indonesia. FB: Agus Apriyanto Email: agusborjuswp@gmail.com