Hotel Golden Tulip Bintang 4

Jadi Hotel Bintang 4 Keenam di Kota Mataram

 

Mataram, LombokInsider.com – Hotel Golden Tulip secara resmi menjadi hotel bintang empat keenam di Kota Mataram setelah dinyatakan memenuhi persyaratan

sertifikasi yang dilakukan oleh Lembaga Sertifikasi Usaha Pariwisata PT Graha Pina Nayata dari Jakarta yang ditandai dengan penyerahan sertifikat oleh Intan Fitrianti, wakil pemilik Golden Tulip kepada Askar DG Kamis General Manager Golden Tulip, Jumat (17/4) di Mataram.

Acara penyerahan sertifikat ini dirangkaian dengan acara buka puasa dengan media. “Dengan acara ini semoga kami bisa mempererat hubungan silaturrahim antara hotel dan rekan-rekan media,” kata Askar DG Kamis General Manager Golden Tulip.

Lima hotel lainnya yang sudah mengantongi sertifikat bintang empat di Kota Mataram adalah Hotel Santika, Hotel Golden Palace, Hotel Lombok Plaza, Hotel Lombok Raya dan Hotel

Silaturahmi. Buka puasa bersama Hotel Golden Tulip dan media.

Silaturahmi. Buka puasa bersama Hotel Golden Tulip dan media.

Lombok Garden.

Umumnya, hotel bintang 4 minimal harus memiliki 50 kamar, memiliki minimum 3 kamar suite, kamar mandi di dalam, luas kamar standar minimum 24 m2, luas kamar suite minimum 48 m2, memiliki lobby dengan luas minimum 100 m2, memiliki bar, memiliki sarana rekereasi dan olah raga, kamar mandi dilengkapi dengan instalasi air panas/dingin, dan memiliki toilet umum.

Hotel Golden Tulip memiliki 164 kamar dan suite yang dilengkapi perabot lengkap dengan sentuhan kontemporer. Tempat tidur yang mewah dengan kamar mandi pribadi dan amenitas yang modern standar internasional. Setiap kamar dilengkapi saluran telepon langsung, akses internet, TV kabel, dan juga pendingin ruangan.

Hotel Golden Tulip Mataram Lombok juga dilengkapi dengan pelbagai sarana yang dirancang utnuk kenyamanan dan hiburan. Hotel ini memiliki 6 pilihan ruang rapat termasuk Ballroom Mandalika yang mewah. Hotel ini juga memiliki kolam renang, Jacuzzi, pusat kebugaran Wellness Centre and Spa. Selain itu hotel ini juga memiliki karaoke dan restoran.

Dalam Peraturan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif No. PM. 53/HM.001/MPEK/2013 pasal 7 dinyatakan bahwa persyaratan dasar yang harus dimiliki oleh pengusaha hotel dalam rangka sertifikasi usaha hotel meliputi: Tanda Daftar Usaha Pariwisata Bidang Usaha Penyediaan Akomodasi Usaha Hotel, Kelaikan fungsi bangunan gedung, Keterangan Laik Sehat dan Keterangan Kualitas Air.

Secara umum yang persyaratan dasar merupakan syarat mutlak yang harus dipenuhi oleh suatu usaha hotel baik yang berupa sertifikat kelaikan yang dikeluarkan oleh instansi teknis pemerintah serta tanda daftar usaha pariwisata (TDUP) bidang usaha penyediaan akomodasi jenis usaha hotel. Bagi usaha hotel Penilaian penggolongan kelas Hotel Bintang dan penetapan Hotel Non bintang akan dilakukan setelah seluruh persyaratan dasar dapat terpenuhi.

Pewarta: Agus Apriyanto

Penyunting: Kasan Mulyono

About Author: Kasan Mulyono
Writer. Lecturer. Ph.D in Economics. Mine worker. PR veteran. Casual cyclist. Father of 4. Husband to Kartina. Moslem. Lives in Lombok & West Sumbawa, West Nusa Tenggara, Indonesia. FB: KasanMulyono2015 Email: k_mulyono@yahoo.com Twitter: KasanMulyono Instagram: KasanMulyono