Mataram, LombokInsider.com –Target 3,5 juta orang kunjungan wisatawan ke Nusa Tenggara Barat (NTB) pada 2017 yang diberikan oleh Kemenpar RI kepada Pemerintah Provinsi NTB, dalam hal ini Dinas Pariwisata (Dispar) NTB akhirnya tercapai di penghujung tahun. Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) NTB, HL. Moh. Faozal mengatakan hal ini pada acara Coffee Morning dan Refleksi Pariwisata 2017, di Kantor Dispar NTB.

“Alhamdulillah berkat dukungan seluruh pihak, target 3,5 juta kunjungan wisatawan ini dapat tercapai, bahkan terlampaui. Ini merupakan capaian yang luar biasa. Data-data terkait pencapaian, kita ambil dari berbagai sumber dan telah kami lakukan cross check, baik itu untuk wisatawan mancanegara maupun nusantara,” kata Faozal.

“Data kunjugan wisatawan yang terkumpul hingga akhir November 2017 mencapai angka 3.508.903 orang. Jumlah ini merupakan akumulasi dari wisatawan nusantara sebanyak 2.078.654 orang dan mancanegara 1.430.249 orang,” lanjut Kadispar NTB ini.

“Sumber-sumber data yang kami himpun dari berbagai instansi meliputi; BPS NTB, Angkasa Pura I, Kantor Imigrasi, Dinas Perhubungan, Pelindo, ADPEL Pemenang, ASDP dan peninjauan langsung ke lapangan, di beberapa pintu masuk ke NTB,” jelas Faozal.

Sumber data diatas dapat dijabarkan satu-persatu, dimana wisatawan masuk melalui pintu Bandar Udara LIA, mencapai angka 2.164.024 orang, ASDP kedatangan wisatawan dari Pelabuhan Lembar mencapai 290.000 orang, tiga Gili (Trawangan, Air dan Meno) terdapat 24 kapal cepat dari Benoa mencapai 558.909 orang.

Sementara melalui jalur kapal pesiar 13.970 orang, Pelindo 221.000 orang, lain-lain 261.000 orang, Bangko-Bangko terdapat rata-rata 50 orang/hari menggunakan kapal cepat untuk melakukan surfing dan Kapal Phynisi yang secara tidak terjadwal mengunjungi NTB, melakukan pelayaran dari Bali menuju Komodo dan sebaliknya, singgah beberapa hari di destinasi wisata NTB.

Pencapaian angka kunjungan wisatawan 2017 yang bahkan melebihi target yakni sebanyak 3.508.903 orang tersebut di deklarasikan oleh sebuah tim deklarasi yang dipimpin oleh Prof. Basuki sebagai tim penentu kebijakan BPPD NTB.

Berbagai perwakilan masuk dalam tim deklarasi diantaranya, Kadispar NTB, Ketua HPI DPD NTB, perwakilan Desa Wisata, Ketua Genpi LS Lukito Joko Septiana, Ketua BPPD NTB dan berbagai stakeholder serta pemangku kebijakan di lingkup Pemprov NTB.

Selain itu juga, berbagai testimoni dari para pelaku pariwisata langsung menjadi bukti bahwa perkembangan dan kemajuan pariwisata NTB bukan hanya sekedar data. Ini juga dibuktikan dengan terlampauinya target 3,5 juta kunjungan wisatawan ke NTB. (LI/AA)

About Author: Agus Apriyanto
Past Mine Worker (Corporate Communication Dept). Graphic Designer. Reporter/Editor. Father of 3 Children. Moslem. Lives in Lombok, West Nusa Tenggara, Indonesia. FB: Agus Apriyanto Email: agusborjuswp@gmail.com