Mataram, LombokInsider.com – Menjadi pemimpin yang berpengaruh dan membawa perubahan adalah salah satu bukti keberhasilan Tuan Guru Bajang (TGB) sapaan akrab Dr TGH. M. Zainul Majdi, Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) selama dua periode menjadi pucuk pimpinan tertinggi di NTB.

Nama NTB, saat ini kian menjadi sorotan publik, NTB juga terpilih sebagai destinasi wisata terbaik dunia di beberapa kategori. Bukan hanya tentang pariwisata, keindahan dan kekayaan alamnya, namun gaya kepemimpinannya semakin dilirik publik di Indonesia bahkan dunia.

Gubernur NTB kini menjadi sorotan. Selama berkiprah menjadi salah satu pemimpin daerah di Indonesia banyak perubahan dan kemajuan yang terjadi di NTB, prestasi demi prestasi diukir NTB dalam berbagai bidang.

Yang terbaru, pemerintah melalui Menteri Dalam Negeri, pada Senin (18/12) di Hotel Grand Syahid, Jakarta, menganugerahkan Leadership Award kepada Gubernur NTB, Dr. TGH. M. Zainul Majdi sebagai Kepala Daerah (Gubernur) Terbaik dalam kepemimpinan birokrasi dan sosial.

Penghargaan tersebut dianuegarahkan kepada TGB, setelah melalui penelitian dan asesmen dari 7 orang tim penilai independen. Hasil asesmen membuktikan bahwa Gubernur yang memimpin NTB selama dua periode itu adalah Kepala Daerah yang berprestasi, berintegritas dan berpengaruh dengan ketokohan serta leadership yang baik.

Penilaian ditinjau dari aspek kepemimpinan birokrasi dan kepemimpinan sosial, menepati visi-misi sesuai janji kampanye, kredibilitas, akseptibilitas dalam menciptakan pemerintahan yang baik dan bersih.

Selain itu, rekam jejak dan tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan publik serta kriteria pengalaman memimpin, bersih dari kasus hukum serta prestasi, dedikasi yang tinggi ditinjau dari penghargaan nasional dan internasional yang diraih selama ini.

Orang nomor satu di NTB ini juga didaulat sebagai salah satu pembicara dalam event berskala Internasional yaitu Asia Pacific leaders Forum (APLF) 2017, APLF kali ini digawangi oleh Pemerintah Indonesia yang mempertemukan pemimpin-pemimpin Asia Pasific. Keterbukaan Pemerintah Provinsi NTB dalam forum ini yang menjadi acuan terpilihnya Gubernur NTB ini.

Selama 2017, pemimpin tertinggi NTB ini juga meraih penghargaan transparansi dan akuntibilitas pengelolaan keuangan. Bukan hanya penghargaan pemerintah, dari kalangan masyarakat melalui media mendaulat TGB sebagai Best Regional Leader dalam ajang Obsession Award 2017. Menjelang berakhirnya kepemimpinannya banyak prestasi yang diraih Gubernur NTB ini. (LI/AA)

About Author: Agus Apriyanto
Past Mine Worker (Corporate Communication Dept). Graphic Designer. Reporter/Editor. Father of 3 Children. Moslem. Lives in Lombok, West Nusa Tenggara, Indonesia. FB: Agus Apriyanto Email: agusborjuswp@gmail.com