Mataram, LombokInsider.com – Sebagai bagian dari peningkatan kualitas pelayanan bandara, juga dengan meningkatnya pergerakan penumpang dari tahun ke tahun, manajemen Angkasa Pura I sebagai operator dari Lombok International Airport (LIA) pada 2018 ini akan melakukan perluasan terminal.

“Pertimbangannya adalah peningkatan pelayanan dan kenyamanan kepada para penumpang dan antisipasi pertumbuhan penumpang, serta pemisahan pelayanan penumpang Internasional, maka pada 2018 ini kami memang menyiapkan program pembangunan atau perluasan terminal,” kata Gusti Ngurah Ardita, GM Angkasa Pura I LIA, kepada LombokInsider.com.

“Saat ini luas terminal kami adalah 21.000 m2, sedangkan rencananya luasnya akan ditambah 20.000 m2 lagi, jadi terminal baru nanti luasnya hampir sama dengan yang ada sekarang,” ucapnya.

“Nantinya, pelayanan penerbangan dan penumpang Internasional akan terpisah dengan Domestik, mulai dari proses check-in, ruang tunggu keberangkatan dan kedatangan sehingga diharapkan para penumpang akan merasa lebih nyaman,” jelas Ardita.

“Perluasan terminal memang menjadi prioritas, pusat juga sudah menyetujui dan telah beberapa kali melakukan rapat koordinasi dengan kita,” lanjutnya.

Disampaikan Ardita, untuk 2017 pergerakan penumpang di LIA mencapai 3,6 juta penumpang. Pihaknya berharap 2018 ini, pergerakan penumpang di LIA bisa lebih banyak lagi.

“Melihat antusias wisatawan yang datang dan tanggapan mereka terhadap Lombok yang dinilai sangat indah, memiliki seni budaya yang unik, pun masyarakatnya yang sopan dan ramah. Kami yakin angka pergerakan penumpang tahun 2018 ini akan meningkat,” ujarnya.

Dibawah kepemimpinan Ardita, LIA juga memiliki tradisi yang unik dan menarik, yakni penyambutan tamu perdana di kedatangan Internasional setiap awal tahunnya, bekerjasama dengan Dinas Pariwisata NTB.

“Ini memang sudah kami jadikan tradisi, sekaligus sebagai pencitraan terhadap pariwisata Provinsi NTB, khususnya Pulau Lombok sebagai destinasi wisata internasional,” tegas Ardita.

Perluasan ini juga merupakan salah satu indikator dari kemajuan pariwisata di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) yang sangat terasa dampaknya oleh LIA. (LI/AA)

About Author: Agus Apriyanto
Past Mine Worker (Corporate Communication Dept). Graphic Designer. Reporter/Editor. Father of 3 Children. Moslem. Lives in Lombok, West Nusa Tenggara, Indonesia. FB: Agus Apriyanto Email: agusborjuswp@gmail.com