Mataram, LombokInsider.com – Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) melalui Dinas Pariwisata NTB menggelar eksibisi kaligrafi di sesi pertama Gebyar Ramadhan sebagai bagian dari Pesona Khazanah Ramadhan 1438 H di area Kampung Ramadhan Islamic Center NTB. Sedikitnya, 40 orang seniman dari lima kabupaten/ kota yang ada di Pulau Lombok mengikuti eksibisi ini. Tiap-tiap peserta difasilitas media lukis, kuas, cat dan sarana pendukung lainnya.

Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) Provinsi NTB Lalu Muhammad Faozal mengatakan seni lukis kaligrafi memiliki potensi yang sangat baik jika dikelola dengan baik. Seni lukis kaligrafi bisa menjadi daya tarik wisata yang terintegrasi dengan Islamic Center NTB dan bisa memperkuat citra NTB sebagai destinasi wisata halal.

Faozal melanjutkan, Dinas Pariwisata (Dispar) NTB sudah mengumumkan kegiatan ini ke sejumlah komunitas lukis di Lombok sejak awal Ramadhan dan disambut dengan antusiasme yang bagus.

“Para peserta, seniman yang sudah profesional. Semoga ini jadi ruang kreatif untuk menyalurkan bakat dan yang pasti bernuansa Islami,” ujar Faozal di sela-sela Gebyar Ramadhan di area Kampung Ramadhan, Islamic Center NTB, kemarin (11/6).

Faozal menambahkan, komunitas pelukis kaligrafi bisa semakin berkembang jika memiliki ruang dan waktu yang rutin untuk menuangkan kreasinya. Dengan begitu, tidak hanya menjadi daya tarik wisata, para wisatawan pun bisa belajar melukis kaligrafi.

“Kita berpikir ini bisa difasilitasi di Islamic Center. Terlebih Islamic Center kan menjadi destinasi wisata dan ruang di sana juga banyak,” ucap Faozal.

Hasil eksibisi kaligrafi Gebyar Ramadham ini akan dipamerkan di area Pesona Khazanah Ramadhan di Islamic Center bersama karya-karya foto peserta lomba foto di pengujung Ramadhan. Faozal mengharapkan saat Idul Fitri tiba, kaligrafi dan foto akan jadi sajian seni bagi jamaah Masjid Hubbul Wathan.

Faozal melanjutkan, apabila karya kaligrafi mau dibeli jamaah juga bisa dan uangnya akan disalurkan sebagai sedekah ke Masjid Hubbul Wathan. Usai ramadhan, karya kaligrafi akan dipamerkan di Bandara Internasional Lombok sebagai bagian pencitraan wisata halal NTB. (LI/SP/AA)

About Author: Agus Apriyanto
Past Mine Worker (Corporate Communication Dept). Graphic Designer. Reporter/Editor. Father of 3 Children. Moslem. Lives in Lombok, West Nusa Tenggara, Indonesia. FB: Agus Apriyanto Email: agusborjuswp@gmail.com