Mataram, LombokInsider.com – Komandan Satuan Tugas (Satgas) Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) 2018, Laksamana Pertama TNI Rachmad Jayadi, M.Tr. (Han), melakukan rapat koordinasi teknis dengan jajaran Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) di Hotel Grand Legi Mataram, pada Selasa (6/2). Dalam rangka memantapkan pelaksanaan MNEK 2018, yang akan digelar pada 4-9 Mei 2018 mendatang.

Latihan Bersama

Kegiatan ini rencananya akan dihadiri oleh sekitar 43 negara dan kapal perang serta pesawat udara, untuk latihan bersama. “Ini bukan latihan perang, namun untuk memperlihatkan eksistensi pengamanan perbatasan laut Indonesia dengan negara tetangga, dalam hal ini oleh TNI-AL,” jelas Rachmad Jayadi.

“Kedatangan kapal perang dan krunya dari luar negeri, selain untuk latihan bersama TNI-AL juga untuk berwisata menikmati keindahan alam Pulau Lombok,” ujar Komandan Gugus Tempur Laut Armada Timur (Danguspurlatim) ini. Racmad juga sangat mengapresiasi segala dukungan dari Pemprov NTB.

Dukungan Pemerintah

“Dari segi pariwisata ini jelas sangat positif, kegiatan MNEK 2018 ini diharapkan mampu meningkatkan image positif yang berdampak pada kunjungan wisatawan dan investasi di Provinsi NTB,” kata HL. Moh. Faozal, Kepala Dinas Pariwisata NTB.

Hal senada juga disampaikan Asisten III yang mewakili Wagub untuk membuka kegiatan ini, serta menyampaikan hal-hal yang baik dan mendukung pembangunan Provinsi NTB.

“Pemerintah Provinsi NTB mendukung penuh kegiatan internasional ini, karena NTB sudah sering menjadi penyelenggara even internasional. Harapannya, kegiatan ini dapat meningkatkan kunjungan wisata sesuai dengan target 4 juta wisatawan dan mampu memantapkan program pembangunan maritim untuk mendukung program pemerintah dalam mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia,” ungkap Bachruddin.

Tiga Kabupaten dan satu Kota di Mataram Lombok, NTB akan menjadi tempat dalam rangkaian kegiatan MNEK Komodo 2018 ini. Rapat koordinasi dihadiri oleh para pejabat Pemprov NTB, Pemkab Lombok Utara, Lombok Barat dan Lombok Tengah serta Pemkot Mataram. Kedua belah pihak, Satgas MNEK dengan pemerintah daerah, bersinergi dalam mensukseskan kegiatan ini.

Dalam rapat koordinasi teknis ini diharapkan segala permasalahan dapat diselesaikan dengan pihak Pemprov dan Satgas. Semua bidang yang terkait dengan kegiatan agar berkoordinasi melekat sehingga pelaksanaan dapat berjalan lancar. Harapannya kegiatan MNEK 2018 bermanfaat dan dapat meningkatkan image Pulau Lombok sebagai “the second of Bali” dapat tercapai.

Kegiatan yang akan berlangsung mulai 4-9 Mei diantaranya, latihan bersama di darat dan di laut, bakti sosial pembangunan sarana dan prasarana, bakti kesehatan, kirab Kota Mataram, Komodo Fleet Run, fun bike, program kuliner, culture perfomance, demo pesawat udara, joy sailing, kemah pesisir, transplantasi terumbu karang, penenggelaman prasasti dan city tour. (LI/SP/AA)

About Author: Agus Apriyanto
Past Mine Worker (Corporate Communication Dept). Graphic Designer. Reporter/Editor. Father of 3 Children. Moslem. Lives in Lombok, West Nusa Tenggara, Indonesia. FB: Agus Apriyanto Email: agusborjuswp@gmail.com