Jakarta, LombokInsider.com – Akan ada 15 even pariwisata besar yang akan dilaksanakan Pemerintah Provinsi NTB, atau Dispar NTB selama 2018. Diantaranya Rinjani 100, sebuah lomba lari melintasi Gunung Rinjani tingkat internasional. “Tahun 2017, kegiatan ini diikuti oleh 18 negara,” kata Kepala Dispar NTB, HL Moh. Faozal.

Hal ini ditegaskan Faozal di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata (Kemenpar) RI di Jakarta, Rabu (13/12), saat acara peluncuran Calender of Event (kalender even pariwisata) Lombok Sumbawa 2018

Selain itu lanjutnya, akan ada Pesona Khazanah Ramadhan yang akan dilaksanakan 16 Mei – 13 Juni 2018, Mantar Paragliding XC Open dilaksanakan pada 15-18 Juli 2018, Bulan Pesona Lombok Sumbawa (BBLS) digelar 18 Agustus – 16 September 2018, Festival Pesona Moyo 10 September – 8 Oktober 2018, Festival Pesona Senggigi 20 September 2018, Sail Samota (Saleh Moyo Tambora) 12 – 20 September 2018, Rinjani Golf Tournament pada November 2018, Pesona Desa Wisata November 2018, Festival Lawata November 2018, Festival Pesona Bau Nyale, dan lainnya.

“Peluncuran kalender even pariwisata Lombok Sumbawa 2018 ini, sebagai upaya kami untuk mempromosikan dan meningkatkan kunjungan, serta lama tinggal wisatawan ke NTB pada 2018 mendatang. Dimana tahun depan, kami menargetkan angka kunjungan 4 juta wisatawan, baik domestik maupun mancanegara,” tutur Faozal.

Mewakili Menpar Arief Yahya, Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara, Kementerian Pariwisata (Kemenpar) RI, Esthy Reko Astuty, dalam sambutannya mengapresiasi langkah yang telah ditempuh oleh Pemprov NTB, melalui Dispar NTB, yang sejak jauh hari telah memperkenalkan kepada publik berbagai kegiatan pariwisata yang akan dilaksanakan pada 2018 mendatang.

“Meski kesannya mendadak, namun ternyata peluncuran ini sekaligus sebagai rangkaian dari HUT NTB ke 59, yang akan berlangsung pada 17 Desember 2017 nanti. Jadi ini sungguh langkah yang sangat tepat, menurut saya. Sekaligus kesempatan ini, walaupun masih dini, kami juga mengucapkan selamat HUT NTB ke 59,” kata Esthy.

Sesuai kebijakan Menteri Pariwisata, Arief Yahya, sambungnya, keberadaan Balairung Soesilo Soedarman ini memang dihajatkan untuk daerah-daerah yang hendak menggelar kegiatan kepariwisataannya di Jakarta.

“Ada dua daerah kabupaten/kota yang telah menggelar peluncuran kegiatan pariwisatanya, yaitu Kabupaten Kepulauan Selayar (Sulsel) dan Kabupaten Sumenep (Jatim). Sedangkan untuk tingkat provinsi, NTB menjadi yang kedua meluncurkan kalender even pariwisatanya setelah Bengkulu,” tutur Esthy.

Terkait sedikitnya kegiatan, Esthy berharap anggaran untuk pariwisata NTB dapat ditingkatkan, hal ini disampaikannya di depan Pimpinan DPRD NTB, Mori Hanafi yang juga hadir pada acara tersebut.

Wakil Gubernur NTB, H. Muhammad Amin, dalam arahannya menyampaikan bahwa keindahan sumber daya alam, serta keunikan berbagai adat dan budaya, serta keragaman kerajinan dan kuliner yang ada. Merupakan pendukung kepariwisataan NTB, yang kalau dapat dimanfaatan maksimal, akan dapat membawa kemakmuran bagi masyarakat NTB.

“Buktinya potensi alam yang ada di NTB berupa keindahan bawah laut, pantai, gunung, hutan, beranekaragaman hayati dan potensi budaya yang ada, telah menempatkan NTB memiliki daya pikat yang unik bagi wisatawan,” ujar Wagub.

“Semuannya ini, jika tidak disikapi dengan terus memacu pembangunan berbagai sarana dan prasarana pariwisata, serta peningkatan SDM pariwisata serta tak kalah penting promosi, maka potensi yang ada itu akan sia-sia,” ucapnya.

“Karena itu, kami sangat mendukung berbagai langkah dan kebijakan yang dilaksanakan oleh Dispar NTB, baik dalam pembangunan sarana dan fasilitas, maupun upaya promosi-promosi yang dilakukan. Termasuk salah satunya launching kalender even pariwisata Lombok Sumbawa 2018 di Kementerian Pariwisata ini,” tegas Amin. (LI/SP/AA)

About Author: Agus Apriyanto
Past Mine Worker (Corporate Communication Dept). Graphic Designer. Reporter/Editor. Father of 3 Children. Moslem. Lives in Lombok, West Nusa Tenggara, Indonesia. FB: Agus Apriyanto Email: agusborjuswp@gmail.com