Mataram, LombokInsider.com – Sebagai upaya mendorong kemajuan pariwisata NTB, khususnya melalui sport tourism, sekaligus menegaskan Lombok sebagai destinasi wisata halal, dengan latar belakang keragaman etnik dan budaya yang ada di Kota Tua Ampenan.

Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi NTB akan menggelar “Lombok Hijab Run Series 2017, dengan tema “Run de Ethnic” pada Minggu (10/11) mendatang. Hal ini disampaikan Hartati, Kepala Bidang Pemasaran, Dispar NTB pada acara Coffee Morning, Selasa (28/11) di Mataram.

“Kegiatan ini akan menjadi even tahunan Dispar, yang mengajak masyarakat sekitar untuk hidup sehat dengan berolah raga, juga menegaskan Lombok sebagai destinasi halal terbaik dunia. Selain itu untuk mengangkat potensi wisata Kota Tua Ampenan, yang syarat akan sejarah dan keragaman etnik budaya,” kata Hartati.

“Tidak hanya lari, namun akan diisi juga dengan kegiatan clean-up dan juga akan ada pentas budaya di beberapa titik. Diantaranya Gendang Beleq, Hadrah, Gambus, Barongsai, kuliner dan lain-lain,” lanjutnya.

Hartati menambahkan bahwa pentas seni ini sebagai manifestasi beberapa etnis yang tinggal di lingkup Kota Tua Ampenan. Seperti diketahui bahwa di kota ini tinggal berdampingan berbagai etnis seperti, Sasak, Arab, Melayu, Bugis, Banjar, Tionghoa dan Bali, yang kesemuanya hidup rukun dengan segala perbedaannya.

“Ada juga kegiatan Sedekah Aksara kepada anak-anak sekitar, maksudnya setiap peserta lomba diwajibkan mendonasikan minimal sebuah buku sebagai bentuk kampanye dan kepedulian untuk turut serta mencerdaskan kehidupan bangsa,” jelas Hartati.

Sementara, Andri Prasetyo, Project Officer Jawara Consultant, sebagai pelaksana kegiatan menjelaskan bahwa kegiatan ini tidak dipungut biaya sama sekali. “Hijab Run ini gratis, akan menempuh jarak 3 Km, menyusuri empat Kelurahan di Kecamatan Ampenan,” ujar Andri.

“Untuk pendaftaran para calon peserta bisa akses ke portal online, www.LombokHijabRun.com, atau melalui offline langsung ke sekretariat di Kafe Lima, Jl. Bung Karno no. 88, Mataram. Dimulai hari ini 28 November, hingga 6 Desember pukul 23:59 wita,” jelasnya.

“Target peserta sekitar 5000 orang lebih, selain dari masyarakat umum, pelajar dan mahasiswa, juga akan menyisir peserta dari kalangan pondok pesantren, oleh karenanya kami telah bekerjasama dengan pihak-pihak terkait,” tegasnya.

Lombok Hijab Run Series 2017, “Run de Ethnic” ini akan dilaksanakan pada Minggu (10/11), panitia pelaksana telah menyiapkan doorprize menarik berupa sepeda motor dan hadiah hiburan lainnya. Kegiatan ini akan dimulai dari pukul 05:30-10:00.

Acara ini di dukung penuh oleh Dispar NTB dan juga sponsor pendukung lainnya, serta melibatkan Komunitas Generasi Pesona Indonesia (Genpi) Lombok-Sumbawa untuk membantu promosi digital melalui berbagai media sosial seperti instagram, tweeter, facebook dan lain sebagainya. (LI/AA)

About Author: Agus Apriyanto
Past Mine Worker (Corporate Communication Dept). Graphic Designer. Reporter/Editor. Father of 3 Children. Moslem. Lives in Lombok, West Nusa Tenggara, Indonesia. FB: Agus Apriyanto Email: agusborjuswp@gmail.com