Mataram, LombokInsider.com – Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) NTB, Lalu Abdul Hadi Faishal sangat mengapresiasi kegiatan sport tourism, Tour de Lombok Mandalika (TdLM) 2018. Pernyataan tersebut dilontarkan disela-sela pelaksanaan TdLM etape III, di Mataram, Ahad (15/4).

“Saat ini sport tourism telah menjadi salah satu bagian terpenting dari pariwisata. Tetapi yang terpenting kita kedepankan publikasi, jadi media harus terlibat, karena belajar dari pengalaman, kalau media tidak bisa dimaksimalkan maka kurang semarak,” jelas Abdul Hadi.

“Kita harus belajar dari kelemahan, tapi ini sudah bagus, harus dishare terus ke seluruh dunia. Karena ini sudah menjadi sebuah ajang yang ditunggu-tunggu, sudah masuk dalam kalender internasional UCI,” katanya.

“Dampaknya juga luar biasa untuk industri perhotelan, restoran dan kuliner di Mataram, Lombok. Sekian puluh peserta dan official menginap di hotel, kemudian makan dan minum, serta banyak membeli kebutuhan atau oleh-oleh,” ucap Hadi.

Menurutnya, Lombok saat ini telah menjadi destinasi pilihan bagi penyelenggara sport tourism. Tidak hanya soal balap sepeda, tapi ada juga nanti akan ada Rinjani 100, Lombok Marathon yang lalu, dan even lainnya.

“Anehnya, jika suatu kegiatan atas nama pariwisata mereka malah yang datang dan bayar dan ini potensi besar bagi restoran dan hotel, serta home industri,” ujarnya.

Hadi berharap even-even sport tourism semacam ini dapat menjadi jualan pariwisata kita di Lombok dan Sumbawa secara berkesinambungan.

“Ini isunya sudah mendunia melalui media massa. Oleh karena itu, ini sangat besar pengaruhnya bagi pariwisata kita. Saya lihat banyak tamu dari Malaysia dan negara negara lain datang menyaksikan even ini. Kedepan semoga bisa lebih professional dan lebih heboh lagi,” tegas Hadi. (LI/AA)

About Author: Agus Apriyanto
Past Mine Worker (Corporate Communication Dept). Graphic Designer. Reporter/Editor. Father of 3 Children. Moslem. Lives in Lombok, West Nusa Tenggara, Indonesia. FB: Agus Apriyanto Email: agusborjuswp@gmail.com