Senggigi, LombokInsider.com – Untuk kesekian kalinya Indonesian Hotel General Manager Association (IHGMA) cabang Lombok bekerjasama dengan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Pariwisata Bali memberikan pelatihan kepada karyawan hotel di Mataram, Senggigi dan Gili. Sertifikat dari hasil sertifikasi karyawan hotel yang berlangsung pada Oktober 2016 itu, kemarin (10/1/2017) diserahkan oleh LSP Pariwisata Bali kepada pihak IHGMA bertempat di Aruna Hotel and Resort, Senggigi. Menurut Erik Tumbelaka selaku Ketua IHGMA cabang Lombok, ini memang sudah menjadi komitmen IHGMA sejak awal, yakni memberikan kontribusi untuk kemajuan pariwisata NTB pada umumnya, salah satunya dengan cara memfasilitasi pelatihan sertifikasi profesi ini.

Erik Tumbelaka, Ketua IHGMA Cabang Lombok, Memberikan Sambutan pada Acara Penerimaan Sertifikasi Profesi di Aruna Hotel, Senggigi (10/1/2017).

Dukungan IHGMA

“Ini sudah yang kelima kalinya IHGMA memberikan dukungan dan fasilitasi terselenggaranya sertifikasi profesi untuk karyawan hotel yang ada di Mataram, Senggigi dan Gili. Saya yakin dengan meningkatnya pengetahuan dan ketrampilan SDM di bidang pariwisata maka kualitas pariwisata Lombok akan semakin baik,” ungkap Erik pada saat memberikan sambutan singkat. Erik yang juga merupakan General Manager (GM) di Kila dan Pool Villa Senggigi Beach Hotel, optimis dengan peningkatan kualitas SDM dan destinasi wisata yang ada di NTB, serta dukungan dari seluruh masyarakat dan elemen pariwisata yang ada, maka dapat dipastikan pariwista NTB akan bisa menyamai Bali sebagai kiblat pariwisata di Indonesia.

Erik juga menjelaskan jika sebuah hotel akan mengajukan perpanjangan ijin usaha atau melakukan sertifikasi bintang pada Lembaga Sertifikasi Usaha (LSU), maka salah satu syarat penting yang harus dipenuhi adalah 50% dari jumlah karyawannya sudah harus mengantongi sertifikasi profesi semacam ini, tentunya dari lembaga yang sudah kompeten, seperti LSP Pariwisata Bali,” jelas Erik Tumbelaka. Sertifikasi ini merupakan bagian dari program subsidi dari pemerintah pusat yang masih berlaku di 2017 ini, untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) bidang jasa pariwisata khususnya perhotelan, Hal ini tentunya memberikan dampak positif terhadap perkembangan pariwisata Lombok, NTB pada umumnya.

Wira Adi Saputra dari LSP Pariwisata Bali, Menyerahkan Piagam Penghargaan kepada IHGMA Cabang Lombok diwakili Ketuanya Erik Tumbelaka.

 Kerjasama IHGMA dan LSP Pariwisata

Senada dengan Erik, Wira Adi Saputra yang merupakan Certification Manager di LSP Pariwisata Bali mengatakan bahwa memang benar jika kualitas SDM di suatu daerah pariwisata meningkat, maka dapat dipastikan perkembangan dan kemajuan pariwisatanya akan dapat diraih. “Untuk 2017 ini masih banyak slot yang tersedia untuk melakukan sertifikasi profesi di seluruh Indonesia, jadi sebaiknya pelaku pariwisata yang ada di Lombok, khususnya perhotelan dan restoran, segera mendaftarkan karyawannya,” jelas Wira yang hadir untuk menyerahkan sertifikat kepada perwakilan hotel. Menurut Wira dengan sisa kuota yang ada di 2017 ini, setiap daerah harus berlomba, karena siapa yang cepat itu yang dapat.

Wira percaya bahwa suatu saat nanti Lombok akan dapat bersaing dengan Bali sebagai kiblat pariwisata Indonesia, apalagi menurutnya Lombok memiliki potensi yang luar biasa dari segi keindahan destinasinya, demikian juga dengan seni dan budaya, hanya tinggal ditata lebih professional lagi. Wira menambahkan sebanyak 281orang karyawan hotel yang menerima sertifikat ini akan dapat diterima bekerja bukan hanya di seluruh Indonesia, bahkan juga di ASEAN, karena standar sertifikasi yang dilakukan oleh LSP Pariwisata Bali memang telah berstandar ASEAN.

GM Aruna Senggigi, Firman Farid Latif, Menerima Sertifikat untuk Karyawannya yang Mengikuti Sertifikasi pada Oktober lalu, didampingi oleh Ketua dan Sekretaris IHGMA Cabang Lombok.

Penyerahan Sertifikat

Sertifikat tersebut juga akan berlaku selama 3 tahun, bahkan nama-nama orang yang telah terserfikasi telah terdaftar pada Sekretariat Asean dalam bentuk database yang sedang dibangun saat ini. “Gebrakan IHGMA cabang Lombok ini sangat bagus, dibandingkan daerah lainnya, terutama dukungannya dibidang peningkatan SDM bidang perhotelan yang telah dilakukan sejauh ini, hal ini tentunya merupakan dukungan positif dari peran IHGMA dalam memajukan pariwisata,” tegas Wira. Pada kesempatan itu Wira mewakili institusinya juga menyerahkan piagam penghargaan kepada IHGMA cabang Lombok yang diterima oleh ketuanya Erik Tumbelaka, sebagai wujud dari dukungan LSP Pariwisata Bali terhadap komitmen yang telah dilakukan IHGMA sejauh ini.

Sementara itu Sekretaris IHGMA cabang Lombok, Wedok Suprapti atau lebih dikenal dengan Wiwit, yang juga merupakan GM dari Qunci Villas Senggigi pada saat membuka acara ini mengatakan sangat berterima kasih atas bantuan dan dukungan pihak LSP Pariwisata Bali sejauh ini, LSP Pariwisata Bali telah memberikan yang terbaik untuk menyelesaikan program sertifikasi profesi selama 2016. “Semoga di 2017 ini kerjasama IHGMA dengan berbagai pihak LSP ataupun LSU yang ada dapat terjalin lebih baik lagi, untuk memberikan dukungan yang terbaik bagi pariwisata NTB dan juga Indonesia,” pungkas Wiwit. (LI/AA)

About Author: Agus Apriyanto
Past Mine Worker (Corporate Communication Dept). Graphic Designer. Reporter/Editor. Father of 3 Children. Moslem. Lives in Lombok, West Nusa Tenggara, Indonesia. FB: Agus Apriyanto Email: agusborjuswp@gmail.com