Sekongkang MTB Adventure 2016
Rute menantang. Tanjakan berat dan turunan tajam siap menanti.

Rute menantang. Tanjakan berat dan turunan tajam siap menanti.

Sekongkang, LombokInsider.com – Agenda tahunan petualangan MTB terbesar di Sumbawa Barat kembali akan digelar. Even bertajuk Sekongkang MTB Adventure 2016 akan dilaksanakan pada 30 Juli 2016. Demikian pengumuman yang disampaikan oleh panitia melalui media sosial.

“Ini adalah even kedua. Tahun lalu even serupa banyak sekali pesertanya. Rutenya akan lebih menantang. Juga akan banyak hadiah door prize yang akan disediakan oleh panitia.,” kata Erman Maulana, Ketua Panitia.

Tanjakan dan Turunan Menantang

Even jelajah MTB Sekongkang ini akan mengambil start di Lapangan SMA Sekongkang, Kecamatan Sekongkang, Sumbawa Barat. Dari sana peserta akan diajak menjelajah rimba dengan banyak tanjakan dan turunan curam. Yang paling menantang dan melegenda adalah tanjakan dan turunan di Batu Adin yang cukup ekstrem.

Setelah menuruni kawasan wisata Maluk, peserta akan diajak melewati rute balik yang sedikit berbeda, namun dengan medan tanjakan dan turunan yang sama-sama menantang yang berujung di daerah Pesin, dekat dengan pantai Tropical. Dari saya peserta dibawa kembali ke Sekongkang melewati jalan raya. Finisih adalah di Pantai Rantung yang terkenal keindahannya di kalangan peselancar air.

Secara keseluruhan rute ini dengan total jarak sekitar 24 km. Waktu tempuh normal diperkirakan sekitar tiga jam. Elevasi yang dicapai secara total adalah 656 m dan kalori yang dibakar sekitar 1000.

Sebagai pesepeda gunung pemula, penulis sudah pernah pada 2015 mencoba sebagian jalur yang akan dipakai untuk even ini yakni jalur dari Sekongkang ke Maluk dengan melewati Batu Adin dan Kaca. Pada beberapa tanjakan ekstrem, penulis terpaksa menuntun sepeda. Sedangkan pada turunan tajam, penulis juga tidak berani melaluinya. Namun bagi teman-teman penulis yang sudah pengalaman, mereka sangat menikmati turunan-turunan single track di jalur Batu Adin dan Kaca. Mereka bahkan sampai dua kali melakukan down hill di Batu Adin.

Selain tantangan medan gunung dan keluar masuk hutan, rute ini juga menghadirkan tantangan cuaca yang cukup terik. Namun, rute ini juga menghadirkan pemandangan yang indah dengan hutan, bukit dan pantainya. Selain itu, makanan ikan bakar sepat khas Sekongkang/Maluk juga terkenal kenikmatannya.

Sampai ketemu di Sekongkang tanggal 30 Juli. In sya Allah. (LI/KM)

About Author: Kasan Mulyono
Writer. Lecturer. Ph.D in Economics. Mine worker. PR veteran. Casual cyclist. Father of 4. Husband to Kartina. Moslem. Lives in Lombok & West Sumbawa, West Nusa Tenggara, Indonesia. FB: KasanMulyono2015 Email: k_mulyono@yahoo.com Twitter: KasanMulyono Instagram: KasanMulyono