Mataram, LombokInsider.com – Sebagai salah satu asosiasi yang mendukung tumbuh kembang pariwisata di Nusa Tenggara Barat (NTB), tanpa terasa DPD ASPPI (Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia) NTB telah melaksanakan Musda untuk yang kedua kalinya. Sebuah prestasi yang sangat baik untuk suatu asosiasi yang baru.

Regenerasi Kepemimpinan

“Diawal masa-masa terbentuknya ASPPI hanya beranggotakan sekitar 5-6 orang saja, namun saat ini perkembangannya luar biasa telah mencapai 50 orang lebih,” ucap JN. Wirajagat Ketua ASPPI periode (2013-2017), saat memberikan laporan pada Musda ke-2 DPD ASPPI NTB, di Hotel Golden Palace, Senin (17/7).

Agenda dari Musda ke 2 ASPPI ini adalah pemilihan ketua baru dan juga laporan pertanggungjawaban pengurus lama. Jagat sendiri tidak bersedia lagi untuk mencalonkan diri. “Ini untuk kebaikan ASPPI, regenerasi itu penting, sehingga akan muncul ide-ide segar yang dapat memajukan ASPPI kedepannya,” lanjut Jagat. Jagat berharap ketua baru yang terpilih akan dapat membawa ASPPI semakin baik.

Jagat menambahkan bahwa ASPPI siap berperan aktif dalam membantu pemerintah daerah untuk memajukan pariwisata di NTB, sehingga perlu dilakukan regenerasi di tubuh ASPPI. Ia juga menyatakan bahwa seluruh anggota memiliki kesempatan yang sama untuk memimpin asosiasi ini.

Ketua Baru DPD ASPPI NTB

Dari hasil pemilihan ketua, Ahmad Ziadi akhirnya terpilih menjadi Ketua baru DPD ASPPI periode 2017-2021, memperoleh suara terbanyak. “Ahmad Ziadi terpilih dengan jumlah 21 suara, Badrun dengan 17 dan Suhaely 1, 1 suara lagi abstain, keseluruhan jumlah pemilih 40 orang,” tegas Jagat usai pemilihan.

Sementara itu, Claudia Marini, Ketua DPP ASPPI pada sambutannya membacakan kata sambutan dari Ketua Umum DPP ASPPI Johari Somad, mengatakan bahwa di ASPPI selalu mengedepankan persaudaraan. “Persaudaraaan adalah Roh ASPPI, apabila dalam persaudaran itu ada kesepakatan bisnis atau kerjasama itu adalah akibat, namun dasarnya adalah tetap persaudaraan,” kata Claudia.

Claudia juga mengucapkan selamat atas pelaksanaan Musda DPD ASPPI NTB yang kedua ini. Demikian halnya dengan Ketua Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) NTB Affan Ahmad, saat memberikan sambutan sekaligus membuka secara resmi Musda ini mengucapkan selamat dan sukses atas pelaksanaannya.

Peran ASPPI NTB untuk Pariwisata

“Peran dan fungsi ASPPI sangatlah penting, terutama untuk membantu pemerintah untuk mencapai angka kunjungan wisatawan ke NTB dan memajukan sektor pariwisata,” kata Ketua BPPD NTB ini.

Selain itu Affan juga mengapresiasi terlaksananya Musda kedua ini, karena merupakan wujud nyata dari peran serta ASPPI untuk terus bergerak maju dan berkembang, karena telah melaksanakan kewajiban dengan melakukan Musda.

Affan menambahkan bahwa Musda ini juga dapat menjadi ajang silaturahhim serta sekaligus menyusun kerangka kerja ASPPI periode berikutnya, sehingga dapat tercipta asosiasi yang selalu segar dengan ide-ide baru dalam mengembangkan organisasinya maupun pariwisata secara umum.

Hadir pada acara Musda ke-2 DPD ASPPI NTB ini, seluruh anggotanya yang terdiri dari pelaku pariwisata yang ada di NTB, juga stakeholder pariwisata lainnya seperti, BPPD, INCA, HPI, PHRI, IHGMA dan PUTRI. Hadir juga Sekda NTB dan Kadispar NTB atau pejabat yang mewakilinya. (LI/AA)

About Author: Agus Apriyanto
Past Mine Worker (Corporate Communication Dept). Graphic Designer. Reporter/Editor. Father of 3 Children. Moslem. Lives in Lombok, West Nusa Tenggara, Indonesia. FB: Agus Apriyanto Email: agusborjuswp@gmail.com