Pesona Ramadhan 1

Mataram, Lombokinsider.com – Rampung sudah rangkaian acara Pesona Ramadhan Lombok Sumbawa yang berlangsung dari 20 – 26 Juni 2016 di Taman Budaya, Mataram. Para pemenang lomba pun telah diumumkan.
“Alhamdulillah acara yang kita laksanakan selama seminggu ini berjalan lancar. Terima kasih dan penghargaan kepada semua pihak yang telah mendukung suksesnya acara ini terutama para juri Pesona 1000 Masjid yang telah keliling dari KLU hingga Lotim untuk melakukan penilaian, tanpa mengenal lelah di bulan puasa ini. Kami juga mengucapkan selamat kepada para pemenang lomba,” kata Drs. Faisal, Kepala Taman Budaya Mataram NTB dalam penutupan Pesona Ramadhan pada Minggu (26/6).

Lomba Fashion
Acara ini ditutup dengan pelaksanaan lomba fashion show untuk kategori anak, dibagi menjadi kategori A-B (TK dan SD), diikuti sekitar 50 orang peserta. Para peserta menggunakan pakaian muslim yang dibuat khusus untuk keperluan ini oleh orang tua masing-masing. Kriteria penilaian menurut para juri adalah keserasian dari tata busana, rias wajah dan juga penampilan secara keseluruhan diatas panggung.

Para juara tengah menerima hadiah.

Para juara tengah menerima hadiah.

Dari 50 peserta terpilih 6 orang juara dari masing-masing kategori, yang paling menarik dan unik dari sekian banyak peserta hanya seorang anak laki-laki yang ikut serta dan memperoleh juara 2 yaitu Gading Febriano Orizanto. Setelah ditelusuri oleh Lombokinsider.com ternyata anak berbakat ini berasal dari SD I Sukadana, Lotim. Masing-masing mendapat Piala, piagam penghargaan dan uang tunai.
“Gading memang sudah sering menang pada lomba-lomba seperti ini,” jelas Rosida Tidayuh Tutariani (Esi), tante dari Gading yang mengantarnya mengikuti lomba ini. Walaupun baru mulai mengikuti lomba serupa sejak akhir 2015, namun berbagai prestasi telah diraih Gading, putra dari pasangan dr. Widia Orizanto dan Novita Trisnawati Herliana yang tinggal di Terare, Lotim.
Sebut saja Model Hunt juara 2, Matic Expo juara 1, Fashion show di Gramedia juara 2, juara 1 putra-putri NTB, women expo di Lombok Post juara 1 kesemuannya diraih di 2016 ini dan rencananya bulan depan akan mejadi wakil NTB ke Jakarta dalam rangka Model Hunt, kategori anak tingkat nasional.
Lomba Kaligrafi
Pada lomba kaligrafi yang diadakan pada 22-23 Juni, terbagi menjadi 3 kategori, mewarnai tingkat (TK dan SD) serta melukis atau menggambar untuk tingkat (SLTA), yang masing-masing kategori diperoleh juara 1 hingga harapan 3. Masing-masing mendapat piala, piagam penghargaan dan uang tunai.

Juara Fashion show kategori A: Juara 1 hingga harapan 3 berurutan, Juara 1 Kiyanti Raciya PH nilai 263, Juara 2 Andi Aura Regina nilai 260, Juara 3 Brigita Kirana Putri nilai 250, Harapan 1 Aira Purnomo nilai 248, Harapan 2 Ratu Asita Azelya nilai 247, Harapan 3 Vinda Ramadhani nilai 241.

Juara Fashion show kategori B: Juara 1 hingga harapan 3 berurutan, Juara 1 Keisya Tabina Praba nilai 262, Juara 2 Gading Febrino Orizanto nilai 261, Juara 3 Dia Pia Ardia Gitarini nilai 251, Harapan 1 Adelia Rahma Putri nilai 246, Harapan 2 Rasya Salwa Astagina nilai 245, Harapan 3 Salsabila Ghassani nilai 241.

Lomba Pesona 1000 Masjid
Seperti yang diberitakan sebelumnya bahwa lomba ini yang dinilai adalah kebersihan sarana dan prasarana serta manajemen pengelolaan masjid, terutama masjid-masjid di daerah destinasi wisata, terpilih sebagai juara 1 hingga harapan 2 berurutan, Masjid Jami’ Tanbihul Ghafilin, Kuta Loteng dengan nilai (90), Masjid Nurul Iman, Senggigi Lobar (88), Masjid Al-Mujahidin, Sembalun Bumbung, Lotim (83), Masjid Nurul Falah, Cakaranegara (81), Masjid Darul Qoror, Medana-KLU (80), masing-masing masjid menerima hadiah berupa uang pembinaan.
Lomba Karya Tulis Islam
Sedangkan untuk lomba karya tulis Islam pemenangnya masing-masing dari juara 1 hingga harapan 3, Akwan Juara 1 nilai (8,0) judul “Fase-fase Sejarah Panjang Islam di Lombok-Awal Kedatangan Islam di pulau Seribu Masjid”, Lalu Bajang Tarmizi Wirakse juara 2 nilai (7,9) judul “Tiu Masjid Kuno, Bukti Autentik Sejarah Perkembangan Islam di bumi Sasak”, Ishak Haryanto juara 3 nilai (7,8) judul “Islam dan Tantangan Merajut Benang Kusut Pendidikan Moral di NTB”, Rozali Jauhari Alfani harapan 1 nilai (7,7) judul “Islam NTB masa kini, meretas tantangan zaman dari radikalisme, komunisme dan pariwisata”, Nur Hikmah harapan 2 nilai (7,6) judul “Syiar Keberagaman dan Kemanusiaan”, terakhir Ahmad Yani harapan 3 nilai (7,3) judul “Sejarah Islam NTB, Tantangan Islam Masa Kini”.

Lomba Bedug Kreasi

Lomba bedug menempatkan Juara 1 Psychofunf, Juara 2 Purnamaria, dan Juara 3 Al Hidayah.

Pewarta: Agus Apriyanto
Penyunting: Kasan Mulyono

About Author: Kasan Mulyono
Writer. Lecturer. Ph.D in Economics. Mine worker. PR veteran. Casual cyclist. Father of 4. Husband to Kartina. Moslem. Lives in Lombok & West Sumbawa, West Nusa Tenggara, Indonesia. FB: KasanMulyono2015 Email: k_mulyono@yahoo.com Twitter: KasanMulyono Instagram: KasanMulyono