Lomba bedug dalam Pesona Ramadhan

Mataram, LombokInsider.com – Ajang promosi pariwisata Pesona Ramadhan yang digelar oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata NTB dan Kementrian Pariwisata telah memasuki hari keempat sejak dibuka pada Senin (20/6) di Taman Budaya, Mataram. Berikut lima atraksi menarik dari even ini.

Fashion Show

Untuk lomba fashion baru dilaksanakan pada Sabtu-Minggu mendatang dan bakal diikuti sekitar 50 peserta. “Acara peragaan

Wisata kuliner dalam Pesona Ramadhan

Wisata kuliner dalam Pesona Ramadhan

busana ini sekaligus menjadi agenda puncak penutupan sekaligus pengumuman para pemenang pada 27 Juni,” kata Maureen Wenas, Ketua Panitia Pesona Ramadhan.

Lomba Menulis

Lomba menulis sejarah Islam juga sudah berlangsung dan 7 tulisan dari para peserta telah dikirimkan ke panitia. “Ini sudah sangat bagus karena memang tidak mudah untuk menulis tentang sejarah panjang masuknya agama Islam ke Lombok,” jelas Maureen.

Lomba Kaligrafi

Lomba kaligarafi terbagi menjadi dua kategori yakni mewarnai untuk Taman Kanak-kanak dan Sekolah Dasar yang diikuti oleh 100 peserta dan sudah dilaksanakan pada Rabu (22/6) dan hasilnya sudah dipamerkan. “Sedang yang saat ini sedang berlangsung adalah untuk melukis kaligrafi yang diikuti oleh 50 peserta tingkat SLTA,” ujar Bimo Sakti, panitia lomba.

Lomba Bedug

Lomba bedug memilki daya tarik tersendiri karena merupakan gabungan antara gaya atau atraksi peserta dalam memukul bedug yang menghasilkan alunan nada yang enak untuk di dengar telinga, diselingi dengan bacaan shalawat.

“Peserta bera-

Lomba beduq menjadi atraksi yang menarik bagi pengunjung. Bimo Sakti, panitia.

Lomba beduq menjadi atraksi yang menarik bagi pengunjung. Bimo Sakti, panitia.

sal dari SLTA dan juga remaja masjid di Mataram bahkan anak-anak juga ikut. Ada dari remaja masjid Pagesangan, Lombok Gebuk, Dasan Agung dan SMA 5 Mataram,” jelas Bimo lagi.

Menurut Bimo, yang menjadi penilaian adalah kekompakan mereka dalam melakukan atraksi, kostum dan juga keindahan nada atau suara yang dihasilkan dari bedug yang mereka pukul.

Pameran Seni

Satu hal menarik lainnya adalah stan dari “Pena Lombok” yang merupakan kumpulan perupa Lombok. Di stan ini para pengunjung bisa minta untuk dilukis berupa sketsa wajah dengan harga yang terjangkau. Mereka juga memamerkan hasil karya yang telah tercipta berupa lukisan kaligrafi dan juga panorama alam.

Meriah

Pelaksanaan acara Pesona Ramadhan ini cukup banyak dikunjungi masyarakat. Ratusan pengunjung menghadiri pelbagai atraksi yang ada. “Puncak keramaian sekitar pukul 17:30 hingga menjelang buka puasa. Banyak yang mengajak keluarga yang mengunjungi kam

Even ini perlu digelar setiap tahun untuk ajang promosi, Maureen Wenas, Ketua Panitia.

Even ini perlu digelar setiap tahun, Maureen Wenas, Ketua Panitia.

pung kuliner untuk mencari ta’jil dan juga ibu-ibunya mengunjungi kampung fashion yang tesedia di halaman Taman Budaya ini,” jelas Maureen.

“Semoga acara semacam ini bisa berlangsung setiap tahun, karena selain sebagai bagian dari promosi pariwisata juga menyemarakkan bulan suci Ramadhan,” pungkas Maureen.

 

Pewarta: Agus Apriyanto

Penyunting: Kasan Mulyono

About Author: Kasan Mulyono
Writer. Lecturer. Ph.D in Economics. Mine worker. PR veteran. Casual cyclist. Father of 4. Husband to Kartina. Moslem. Lives in Lombok & West Sumbawa, West Nusa Tenggara, Indonesia. FB: KasanMulyono2015 Email: k_mulyono@yahoo.com Twitter: KasanMulyono Instagram: KasanMulyono