Mataram, LombokInsider.com – Kepengurusan baru Indonesian Hotel General Manager Association (IHGMA) DPD NTB, masa jabatan 2019-2022 resmi dilantik oleh Ketua Umum atau Presiden DPP IHGMA pada Sabtu (4/5) di Aston Inn Hotel, Mataram. Pelantikan dilakukan dengan menyerahkan bendera IHGMA secara simbolis oleh Presiden IHGMA Wisnu Handoko kepada Ernanda A Dewobroto, CHA selaku Ketua IHGMA DPD NTB terpilih.

“Kami DPP IHGMA mendukung sepenuhnya kepengurusan yang baru dari DPD IHGMA NTB, sebelumnya dikenal dengan IHGMA chapter Lombok. Artinya tanggungjawabnya lebih luas lagi, tugas kita adalah mendukung bagaimana pariwisata NTB dapat bangkit dan memang suda bangkit, pasca bencana yang lalu,” kata Wisnu Handoko, Presiden DPP IHGMA.

Menurut Wisnu, salah satu tugas utama dari IHGMA adalah ikut andil dalam mendukung kemajuan pariwisata di daerah, dengan ikut membina peningkatan kualitas SDM pariwisata yang ada di daerah tersebut.

“Anggota IHGMA harus berperan aktif mendukung kemajuan pariwisata di daerahnya masing-masing. Melalui peningkatan SDM pariwisata maupun calon SDM pariwisata yang masih menuntut ilmu, baik di SMK pariwisata maupun AKPAR dan juga Poltekpar,” jelas Wisnu.

Dibawah kepemimpinan Ernanda, Wisnu yakin IHGMA DPD NTB dapat lebih maju lagi, seperti yang diharapkan.

Sementara Ernanda A Dewobroto, CHA selaku ketua terpilih menjelaskan komitmen dari IHGMA dalam peningkatan SDM, khususnya para GM hotel Indonesia.

“Dari awal terbentuk IHGMA konsen dalam meningkatkan kualitas GM Indonesia pada saat itu, agar dapat bersaing dan setara dengan GM asing. Saat ini IHGMA semakin berkembang dimana beberapa GM sudah tersertifikasi Certificate Hotel Administration (CHA) yang setara S2 sehingga sudah bisa membantu mengajar di SMK atau Sekolah Tinggi Pariwisata yang ada,” jelas Ernanda yang merupakan GM dari Hotel Golden Palace, Lombok.

Lebih lanjut Ernanda mengatakan, saat ini IHGMA sudah menjalin kerjasama dengan Poltekpar Negeri Lombok sebagai penyedia dosen vokasi.

“Persiapan SDM kita dalam rangka menyambut Lombok sebagai tuan rumah MotoGP membuat kita lebih termotivasi lagi untuk meningkatkan semua lini SDM perhotelan kita yang ada, bukan hanya para GMnya,” lanjutnya.

Sementara Gubernur NTB yang diwakili oleh Wismaningsih, Staf Ahli Bidang Sosial Kemasyarakatan mengapresiasi apa yang telah dilakukan oleh IHGMA selama ini untuk kemajuan pariwisata NTB.

“Secara pribadi beliau memberikan apresiasi atas kerja keras IHGMA DPD NTB selama ini, namun kedepannya kita harus bekerja lebih keras lagi, tentunya melalui program kerja yang akan segera disusun setelah prosesi pelantikan ini,” ujar Wismaningsih, menyampaikan pesan Gubernur.

Gubernur juga berharap agar program kerja yang dibentuk oleh pengurus yang baru dapat meningkatkan akselerasi pembangunan pariwisata NTB, melalui bidang perhotelan. “Saat ini NTB sudah menjadi destinasi wisata halal terbaik baik nasional maupun internasional, semoga organisasi ini, dibawah kepengurusan yang baru akan semakin berkembang semakin nyata eksistensinya di tengah masyarakat serta mampu mendorong kemajuan bagi pembangunan pariwisata NTB,” pungkas Wismaningsih.

Hadir pada pelantikan ini Gubernur NTB atau yang mewakil, Kadispar NTB atau yang mewakili, Ketua PHRI NTB, Ketua ASITA NTB, Ketua BPPD NTB, Ketua Asosiasi Pariwisata, Dir. Pam Obvit, Ketua APINDO dan Perwakilan dari Universitas Terbuka. (LI/AA)

Tags:
About Author: Agus Apriyanto
Past Mine Worker (Corporate Communication Dept). Graphic Designer. Reporter/Editor. Father of 3 Children. Moslem. Lives in Lombok, West Nusa Tenggara, Indonesia. FB: Agus Apriyanto Email: agusborjuswp@gmail.com