Golden Palace Mataram

Mataram, LombokInsider.com – Untuk mendukung pemenuhan tenaga kerja terampil dan terdidik untuk industri pariwisata yang terus berkembang, Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat bekerjasama dengan beberapa kementerian akan mendirikan Politeknik Pariwisata di Lombok.

“Rencana ini sudah didukung oleh Kementerian Pariwisata, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi dan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi,” kata HL. Moh. Faozal, S.Sos, MSi, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) di Mataram (2/5).

Menurut HL Moh. Faozal, hadirnya lembaga pendidikan Politeknik Pariwisata Lombok ini diharapkan semakin menunjang kepariwisataan di wilayah NTB. Faktor-faktor pendukung pariwisata seperti hotel, restoran/rumah makan dan biro perjalanan tidak perlu bingung lagi untuk mencari karyawan, karena sumberdaya manusia yang siap pakai telah tersedia, jelasnya.

“Saling menguntungkan kedua belah pihak, itulah salah satu tujuan didirikannya Politeknik Pariwisata Lombok, di mana para lulusan nantinya akan mudah mendapat pekerjaan demikian halnya pengusaha perhotelan, restoran/rumah makan dan biro perjalanan akan mudah memperoleh karyawan,” papar HL Moh. Faozal.

“Para pengusaha pariwisata NTB tentunya akan senang apabila bisa mendapatkan para lulusan baru yang terampil, terdidik dan berdedikasi tinggi. Karena para lulusan ini telah dibekali dengan ilmu dan pengetahuan di bangku kuliah yang langsung bisa diterapkan di tempat kerja. Dengan demikian maka bisa dipastikan akan dapat meningkatkan pelayanan kepada wisatawan. Bagaimanapun juga, pelayanan menjadi hal yang penting dalam industri jasa pariwisata. Meningkatnya kualitas sumber daya manusia pada pelayanan pariwisata otomatis berdampak positif terhadap bisnis pariwisata itu sendiri,” jelas HL Moh. Faozal.

 

4 Program Studi

Politeknik Pariwisata Lombok akan membuka tiga program studi yaitu Studi Pengaturan Perjalanan (D4), Studi Divisi Kamar (D3), Studi Seni Kuliner (D3) dan Studi Tata Hidangan (D3).

“Sepatutnya kita bangga, karena NTB akan segera memiliki sekolah khusus dibidang pariwisata dengan akan segera berdirinya Politeknik Pariwisata Lombok ini. Semoga hal ini juga akan menjadi daya tarik tersendiri untuk investor luar yang akan menanamkan modalnya di NTB, khususnya di bidang pariwisata,” pungkas Faozal. (LI/AA)

An employee sets dining table at Santika Hotel Mataram. Photo: Santika Hotel Mataram

An employee sets dining table at Santika Hotel Mataram. Photo: Santika Hotel Mataram

About Author: Kasan Mulyono
Writer. Lecturer. Ph.D in Economics. Mine worker. PR veteran. Casual cyclist. Father of 4. Husband to Kartina. Moslem. Lives in Lombok & West Sumbawa, West Nusa Tenggara, Indonesia. FB: KasanMulyono2015 Email: k_mulyono@yahoo.com Twitter: KasanMulyono Instagram: KasanMulyono