Hotel Kila Senggigi Beach

 

Mataram, LombokInsider.com – Hotel Kila Senggigi Beach dipercaya oleh Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat dan Kabupaten Lombok Barat sebagai proyek percontohan hotel halal di Lombok. Hotel yang dulunya bernama Senggigi Beach ini pun bekerja keras untuk memenuhi semua persyaratan untuk menjadi hotel yang bersertifikat halal.

“Restoran-restoran kami yang menyajikan perpaduan masakan Asia dan Eropa telah bersertifikasi halal meskipun saat ini kebanyakan kami masih dari Eropa,” kata Erik Tumbelaka General Manager Kila Senggigi Beach, Senin (8/8).

Kila Senggigi Beach yang berdiri sejak 1987 merupakan salah satu dari anak usaha Aerowisata Grup (Garuda). “Awalnya hanya memiliki 40 namun kemudian berkembang terus hingga memiliki 150 kamar. Pada 2000, dibangun 16 villa yang kemudian diberi nama Pool Villa Senggigi,” kata Erik.

Basilico Italian Pavilion Restaurant & Bar

HALAL FOOD. Basilico Italian Pavilion Restaurant & Bar

Indah Berkilau

Selain menawarkan fasilitas yang ramah bagi wisatawan muslim, hotel Kila Senggigi Beach juga menyajikan keindahan pantai, kebun dan kolam renang dengan bangunan-bangunan hotel yang bernuansa tradisional dan ramah lingkungan di atas lahan seluas 13 hektar. “Senggigi Beach Hotel melakukan rebranding pada 2014 untuk meningkatkan nilai jual sehingga akhirnya berubah nama menjadi Kila yang artinya berkilau bertaraf bintang 4,” jelas Erik.

Dalam grup Aerowisata, properti mereka diklasifikasikan sesuai bintangnya yakni Prama untuk bintang 5, Kila bintang 4 dan Asana bintang 3. “Aerowisata memilki 7 jaringan hotel nasional yang sudah dioperasikan, 4 yang merupakan milik sendiri yaitu Prama Grand Preanger Bandung, Prama Sanur Beach Bali, Kila Senggigi Beach Lombok – Pool Vila dan Asana Biak Papua. Tiga hotel lainnya dimiliki pihak ketiga adalah Kila Grand Artos Magelang, Asana Kawanua di Jakarta, dan Asana Agung Putra Bali,” tambah Erik, yang juga ketua Indonesian Hotel General Manager Association (IHGMA) NTB.

Kila Senggigi beach menawarkan fasilitas akomodasi dengan pemandangan tropis wi-fi gratis, dua buah restoran, kolam renang laguna besar, spa dan berbagai fasilitas rekreasi, termasuk 2 lapangan tenis, jalur jogging, lapangan voli dan lapangan bulu tangkis. Meja depan beroperasi 24-jam tersedia fasilitas olahraga air seperti windsurfing, kano dan snorkel. Kamar-kamar menawarkan kenyamanan rumah dengan area tempat duduk yang cukup, balkon pribadi, berbagai fasilitas seperti AC, LCD TV, TV kabel, minibar, fasilitas membuat teh/kopi, serta kamar mandi dalamnya menawarkan cermin besar dengan shower dan bathtub.

TULUS. Erik Tumbelaka (3 dari kiri) bersama tim Kila Senggigi Beach.

TULUS. Erik Tumbelaka (3 dari kiri) GM Kila Senggigi Beach bersama tim.

Keramahan Pelayanan

Dalam bisnis jasa pariwisata, fasilitas yang memadai dan keindahan alam saja tidaklah berarti tanpa dibarengi dengan pelayanan yang paripurna. “Keramahan kami serta kepuasan para tamu atas pelayanan yang diberikan juga menjadi priorotas kami di Kila Senggigi Beach. Motto kami adalah Deliver excellent service to the guests. Untuk mencapai itu kami bekerja dengan tulus dan berpikir positif serta memberikan kebahagiaan kepada tamu, karyawan serta perusahaan,” jelas Erik.

“Dalam beroperasi kami juga melaksanakan kegiatan sosial kemasyarakatan sebagai wujud tanggung jawab sosial antara lain, memberikan bantuan uang dan barang setiap bulan kepada masyarakat di empat desa sekitar seperti Mangsit, Kerandangan, Loco dan Senggigi, demikian juga setiap Ramadhan serta Idul Fitri memberikan sembako dan jika Idul Adha memberi bantuan hewan kurban kepada masing-masing desa tersebut,” tegas Erik.

“Selain itu pihak Kila Senggigi setiap Jum’at seminggu sekali melakukan kegiatan bersih pantai dan dua minggu sekali setiap Senin bersama masyarakat, ini salah satu wujud kepedulian lingkungan kami termasuk pengolahan limbah B3 dan juga sirkulasi air yang digunakan hotel,” kata Erik, satu-satunya GM Kila Senggigi putera Indonesia.

Pewarta: Agus Apriyanto

Penyunting: Kasan Mulyono

About Author: Kasan Mulyono
Writer. Lecturer. Ph.D in Economics. Mine worker. PR veteran. Casual cyclist. Father of 4. Husband to Kartina. Moslem. Lives in Lombok & West Sumbawa, West Nusa Tenggara, Indonesia. FB: KasanMulyono2015 Email: k_mulyono@yahoo.com Twitter: KasanMulyono Instagram: KasanMulyono