Senggigi, LombokInsider.com – Indonesian Hotel General Manager Association (IHGMA) NTB kembali menggelar workshop dalam upaya meningkatkan kualitas SDM perhotelan, khususnya para General Manager (GM) yang merupakan anggotanya. Workshop kali ini berjudul How To Be A Great Leader, yang berlangsung sehari penuh pada Sabtu (22/6), di Aruna Senggigi Resort & Convention.

“Kegiatan ini adalah untuk memberikan pembekalan kepada para GM hotel oleh para trainer bagaimana menjadi seorang pemimpin yang baik dan berkualitas di bidang perhotelan,” kata Ernanda Agung Dewobroto, CHA, Ketua IHGMA NTB.

Ernanda menambahkan bahwa kegiatan ini memang telah menjadi agenda dari kepengurusan IHGMA NTB periode 2019-2022.

“Kegiatan ini merupakan tugas dari divisi sertifikasi dan akreditasi yang ada di IHGMA, yang mana dari awal terbentuknya IHGMA ini memang fokus dalam peningkatan kualitas SDM di bidang perhotelan, utamanya para GM Indonesia yang merupakan anggotanya,” ujar GM Golden Palace Hotel Lombok ini.

Workshop How To Be A Great Leader ini diikuti oleh sekitar 60 orang peserta, yang hampir 90 persennya merupakan GM hotel dan sisanya adalah departemen head di hotel masing-masing.

“Untuk materi workshop sendiri dibagi dua, yakni outdoor dan indoor, untuk yang outdoor ini lebih kepada penguatan team buiding, karena diketahui para anggota IHGMA ini terpisah jarak, jarang bertemu, komunikasi hanya dari WAG. Dengan adanya sesi outdoor ini kita disatukan agar terbentuk team building yang solid sebagai satu kesatuan yakni IHGMA,” jelas Ernanda, yang juga merupakan Ketua Asosiasi Hotel Mataram (AHM).

Ernanda A Dewobroto, CHA, Ketua IHGMA NTB berlatar kegiatan outdoor workshop How To Be A Great Leader.

Sementara untuk kegiatan indoor akan banyak pembekalan materi tentang kepemimpinan dan manajerial.

“Untuk sesi indoor nanti, akan banyak materi tentang kepemimpinan dan manajerial, sehingga nantinya seorang GM hotel dapat menjadi Great Leader yang professional dan proporsional,” tegasnya.

Pada pelaksanaan workshop kali ini IHGMA menggandeng trainer dari TIGER Bali, juga ada beberapa sponsorship seperti Traveloka, Generali, Mahkota Laundry, LSP-PBK dan Sababay.

Menurut Ernanda, saat ini keanggotaan IHGMA NTB telah mencapai hampir 100 orang, terdiri dari GM dan Manager Hotel, Villa dan Resort yang ada di seluruh Lombok dan kedepannya pihaknya akan segera mengunjungi para GM atau Manager di Pulau Sumbawa, sehingga dapat terjalin sinergitas dalam membangun pariwisata NTB melalui bidang perhotelan melalui IHGMA NTB. (LI/AA)

Tags:
About Author: Agus Apriyanto
Past Mine Worker (Corporate Communication Dept). Graphic Designer. Reporter/Editor. Father of 3 Children. Moslem. Lives in Lombok, West Nusa Tenggara, Indonesia. FB: Agus Apriyanto Email: agusborjuswp@gmail.com