Amanah. Ernanda Agung bersama Teddy Sunyoto, Presdir dan Pemilik Hotel Golden Palace

Mengemban Amanah. Ernanda Agung bersama Teddy Sunyoto, Presdir & Pemilik Hotel Golden Palace Mataram

 

Mataram, LombokInsider.com – Karena hobinya jalan-jalan dan memotret, Ernanda Agung D., General Manager Hotel Golden Palace sangat mengapresiasi keindahan alam Lombok. Bahkan dia berpendapat, pulau dewata memang ada di Bali, tetapi surganya ada di Lombok.

Lombok memang memiliki daya tarik spesial buat Ernanda. Selain karena di pulau ini kariernya menanjak, suasana Lombok membuatnya cepat merasa betah tinggal dan bekerja di sini. “Bahkan saya sudah memboyong keluarga saya ke Lombok. Dulu saya tidak pernah membawa keluarga ke lokasi kerja,” kata Ernanda.

Pria kelahiran 43 tahun lalu ini menjadi sosok ketiga general manager hotel yang usianya relatif muda di Mataram setelah Reva Bovier, GM Hotel Santika dan Askar DG Kamis, GM Golden Tulip.

Ketika ditanya mengapa di beberapa hotel berbintang di Mataram saat ini General Manager yang me

Golden Palace Mataram

Menjadi yang Terbaik. Golden Palace Mataram

mimpin kebanyakan masih muda, Ernanda mengatakan, “Mungkin para pemilik hotel berfikir bahwa generasi muda ini lebih kreatif dan inovatif. Walaupun dari segi pengalaman masih kurang namun di masa sekarang kreativitas dan inovasi sangat diperlukan di usaha perhotelan,” tegas suami Vena Hariyanti ini.

 

Menumbuhkan Rasa Memiliki

Ernanda yang sebelumnya menjabat sebagai Executive Assistant Manager ditunjuk menggantikan General Manager GP hanya beberapa bulan setelah hotel ini beroperasi. “Awalnya Golden Palace masih menjadi bagian manajemen Azana Hotel. Namun ketika kontraknya dengan kami selesai dan manajemen GP merasa telah mampu, akhirnya kami mengambil alih manajemen sendiri,” ungkap Ernanda yang sebelumnya bekerja sebagai GM di Hotel Quin Centro di Palembang.

Dalam memimpin GP, selalu mendorong tumbuhnya rasa memiliki dalam diri para karyawan. “Dengan rasa memiliki, maka karyawan akan bekerja jauh lebih baik karena merasa ini adalah usahanya juga, ja

Ernanda Agung GM Golden Palace Hotel

Rasa Memiliki. Ernanda Agung GM Golden Palace Hotel

di harus dijaga dan didukung agar menjadi hotel terbaik di Mataram seperti jargon kami Golden Palace is the best,”ungkap Ernanda yang memulai karirnya sebagai seorang waiter dan sudah 20 tahun bergelut di bidang perhotelan.

 

“Kebetulan pemilik hotel juga menitipkan pesan bahwa silakan usaha ini digunakan bersama untuk meraih prestasi,” jelas lulusan STIE PARI, Semarang 1996 ini.

Disebabkan kesibukannya itu juga membuat Ernanda mendidik anaknya untuk disiplin dan mandiri agar tidak merepotkan ibunya dirumah. “Disiplin, kebersihan dan kemandirian sudah saya ajarkan sejak dini kepada mereka hal ini justru memberikan efek positif pada keluarga kami,” jelas anak dari pasangan Erjono dan Siti ini.

Rasa memiliki ini juga penting di tengah persaingan industri perhotelan yang makin ketat dengan semakin banyaknya hotel yang hadir di Mataram. “Persaingan ini justru akan membuat kami lebih terpacu untuk melayani tamu dan para pelanggan dengan lebih baik lagi. Kepuasan tertinggi yang kami rasakan adalah apabila kami bisa membuat para tamu dan pelanggan puas dengan pelayanan kami,” kata Ernanda yang juga menjabat wakil ketua IHGMA (Indonesian Hotel General Managers Assosiation) untuk wilayah NTB.

Pewarta: Agus Apriyanto

Penyunting: Kasan Mulyono

About Author: Kasan Mulyono
Writer. Lecturer. Ph.D in Economics. Mine worker. PR veteran. Casual cyclist. Father of 4. Husband to Kartina. Moslem. Lives in Lombok & West Sumbawa, West Nusa Tenggara, Indonesia. FB: KasanMulyono2015 Email: k_mulyono@yahoo.com Twitter: KasanMulyono Instagram: KasanMulyono