Akrab dengan anak buah. Askar saat dilepas oleh timnya di tempat kerja sebelumnya.

Akrab dengan anak buah. Askar saat dilepas oleh timnya di tempat kerja sebelumnya.

Mataram, LombokInsider.com – Tidaklah mudah meraih posisi sebagai seorang general manager pada hotel berbintang empat jaringan internasional. Diperlukan portofolio dan track record yang teruji untuk bisa mendapatkan amanah menduduki jenjang posisi wahid di hotel tersebut.

“Saya telah mengenyam pengalaman 20 tahun di industri pariwisata sebelum bisa mencapai jabatan general manager di hotel ini,” kata Askar DG Kamis, General Manager Hotel Golden Tulip, Mataram.

Askar memulai kariernya dalam industri pariwisata di Batam dengan menjadi Senior Seaport Representative di Batam View Beach Resort pada 1992 dan Group Tour Coordinator pada Purajaya Beach Resort pada 1997. “Saat itu saya bisanya cuma bahasa Inggris jadi tidak ada pilihan lain kecuali terjun ke dunia pariwisata,” kata Askar yang kemudian di sepanjang perjalanan kariernya mengikuti pelbagai pendidikan dan pelatihan di dalam dan luar negeri terutama dalam bidang perhotelan, pemasaran dan keuangan.

Perjalanan profesinya kemudian membawanya berlabuh di Lombok saat dia bergabung dengan Novotel Lombok di Kute sebagai Reservation Supervisor pada 1997. Keindahan Lombok membuatnya betah bekerja lima tahun di Novotel dengan jabatan terakhir Front Office Manager.

Pada akhir 2002, dia memutuskan untuk pindah lagi ke Holiday Inn Resort Lombok (Intercontinetal Hotel Group) sebagai Sales Manager, kemudian pindah divisi sebagai Front Office Manager. “Nah di Holiday Inn inilah saya bertemu dengan Rini Handayani istri saya. Kami pun segera menikah. Harus cepat-cepat biar nggak keduluan yang lain,” canda Askar mengisahkan.

Cukup panjang catatan pengalaman Askar sebelum menduduki jabatannya yang sekarang. Berturut-turut posisi yang pernah dijabat adalah Room Division Manager Novotel Lombok (2004- 2006), Call Center Manager Indonesia pada Accor Hospitality Jakarta (2006-2008), Deputy General Manager pada PACTO Ltd (2008- 2010), Asst. Director of Sales di Villas Bali Hotel & Spa (2010), Director of Sales & Marketing di The Patra Bali Resort & Villas (2011), General Manager di Swiss Belhotel International di Pangkalan Bun, Kalteng (2012) dan Swiss Belinn Seminyak (2013).

Rupanya hati Askar terlanjut tertambat di Lombok. Dia pun kembali ke Lombok pada 2013 saat bergabung dengan The Santosa Villas & Resto sebagai Executive Assitant Manager lalu Hotel Manager di tempat yang sama selama dua tahun sebelum akhirnya diberikan amanah memimpin Golden Tulip Hotel sebagai General Manager pada Maret 2016.

Gaya Kepemimpinan

Sebagai pucuk pimpinan di Hotel Golden Tulip, Askar menerapkan gaya kepemimpinan yang mengutamakan komunikasi yang terbuka dengan semua anggota tim dengan melibatkan anggota tim dalam pengambilan keputusan dan kebijakan. Askar juga terbiasa ikut terjun langsung ke bawah untuk memastikan arah dan tujuan hotel sudah dilakukan dengan baik untuk mencapai target perusahaan.

“Itu adalah wujud tanggungjawab saya karena pemilik hotel telah menyerahkan semua kebijakan di pundak saya maka saya berusaha menjaga amanah tersebut sebaik mungkin,” kata bapak lima anak ini.

Kiprah Profesional

Di tengah kesibukannya, Askar juga rajin mengadakan diskusi online dalam jejaring sosial profesional Linkedin dalam Group Management in Asia. Askar juga mencetuskan ide perlunya ditetapkan Hari Pekerja Hotel Internasional atau International Hotelier’s Day sebagaimana ada Hari Guru dan profesi lainnya. “Ini untuk memberikan penghargaan kepada semua profesional hotel di dunia atas kerja keras, dedikasi, dan pengorbanan dalam memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan dan untuk memberikan motivasi kepada calon profesional di bidang perhotelan,” kata Askar yang suka jalan-jalan dengan keluarga ini. (LI/AA)

Komunikasi terbuka dengan anggota tim. Askar DG Kamis, General Manager Hotel Golden Tulip.

Komunikasi terbuka dengan anggota tim. Askar DG Kamis, General Manager Hotel Golden Tulip.

About Author: Kasan Mulyono
Writer. Lecturer. Ph.D in Economics. Mine worker. PR veteran. Casual cyclist. Father of 4. Husband to Kartina. Moslem. Lives in Lombok & West Sumbawa, West Nusa Tenggara, Indonesia. FB: KasanMulyono2015 Email: k_mulyono@yahoo.com Twitter: KasanMulyono Instagram: KasanMulyono