Mataram, LombokInsider.com – Lebih bermanfaat dan berperan aktif serta memberikan sumbangsih, khususnya untuk peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) bidang kepariwisataan di Nusa Tenggara Barat, menjadi fokus dari Indonesian Hotel General Manager Association (IHGMA) chapter Lombok.

“2018 ini kami para anggota IHGMA chapter Lombok ingin lebih bermanfaat bagi pariwisata di NTB, utamanya dari sisi peningkatan kualitas SDMnya,” kata Erik Tumbelaka, Ketua IHGMA chapter Lombok.

“Sejauh ini kami telah melakukan beberapa program di 2017, CSR dan Goes to Campus, juga akan menjadi guest lecture di kampus Politeknik Negeri Lombok serta SMK pariwisata di Mataram,” ujar GM Kila Senggigi Beach ini, disela Rakerda pertama yang dirangkai dengan HUT IHGMA ke 2, Sabtu (21/4), di Core Hotel, Senggigi.

Selain peningkatan SDM para GM dan mahasiswa atau siswa SMK pariwisata, menurut Erik, IHGMA juga banyak memberikan pelatihan dan edukasi terhadap masyarakat disekitar destinasi wisata, yang merupakan bagian dari progam CSR. Semuanya adalah untuk perkembangan dan kemajuan pariwisata NTB.

Sementara menurut Ernanda Agung Dewobroto, Wakil Ketua IHGMA sejak berdiri 2016 lalu, IHGMA telah memberikan dampak positif kepada anggotanya melalui program-program sertifikasi profesi.

“Dengan meningkatnya kualitas SDM para GM, tentunya akan memberikan manfaat terhadap hotel tempatnya bekerja, organisasi dibawahnya serta bermanfaat juga bagi institusi formal baik SMK pariwisata dan kampus Poltekpar Negeri dan masyarakat,” ujar Ernanda.

“Sejak berdirinya, IHGMA telah melaksanakan program sertifikasi GM dan telah menghasilkan 8 orang GM dengan titel Certified Hotel Administration (CHA), 12 orang dosen vokasi dan 12 orang hotel expert sekelas S2 dan sertifikas lainnya,” jelas GM Golden Palace Hotel ini.

“Untuk hotel expert atau ahli perhotelan ini, para GM disertifikasi level 8 atau setara S2. Jadi ini benar-benar menjadi ahli perhotelan tersertifikasi, bukan abal-abal,” ungkapnya.

Rencananya pada Agustus ini, IHGMA juga akan memberikan pelatihan dan sertifikasi kepada para anggota yang ingin menjadi assessor dan auditor. Hal ini akan memberikan manfaat ganda, dimana jika ada program sertifikasi, tidak perlu mencari assessor dan auditor dari luar daerah, sehingga akan menghemat anggaran.

Pada Rakerda yang dirangkai perayaan HUT ke 2 IHGMA chapter Lombok ini, hadir 50 orang GM dan Manager dari hotel, villa dan resort. Sejak berdiri, hingga saat ini ada 77 anggota IHGMA chapter Lombok. (LI/AA)

About Author: Agus Apriyanto
Past Mine Worker (Corporate Communication Dept). Graphic Designer. Reporter/Editor. Father of 3 Children. Moslem. Lives in Lombok, West Nusa Tenggara, Indonesia. FB: Agus Apriyanto Email: agusborjuswp@gmail.com