Mataram, LombokInsider.com – Berpuasa Ramadhan 1438 H ini akan terasa berbeda di Mataram, Lombok. Hal ini karena tahun ini Pemerintah Provinsi NTB, melalui Dinas Pariwisata (Dispar) menyelenggarakan Pesona Khazanah Ramadhan selama satu bulan penuh, dimulai 25 Mei – 27 Juni 2017, atau sepanjang bulan puasa, yang tempatnya akan dipusatkan di Masjid Hubbul Wathan, Islamic Center, Mataram.

Terlebih dalam rangkaiannya Pesona Khazanah Ramadhan akan menghadirkan 4 orang Imam dari Timur Tengah. Masing-masing, Prof. Dr. Syeikh Khalid Barakat (Libanon), Syeikh Ezza eL-Sayyed (Mesir), Syeikh Mouad Douaik (Maroko) dan Syeikh Ahmad Jalal Abdullah Yahya (Yordan), yang akan bersama-sama masyarakat untuk melaksanakan Sholat Tarawih dan Tahajjud serta I’tikaf di 10 malam terakhir Ramadhan.

“Kehadiran keempat orang Imam atau Syeikh dari Timur Tengah ini sebagai salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan masyarakat NTB wabil khusus umat muslim,” kata Gubernur NTB Muhammad Zainul Majdi saat peluncuran Pesona Khazanah Ramadhan di Jakarta beberapa waktu lalu. Gubernur menjelaskan bahwa kehadiran keempat Imam ini juga untuk memberikan nuansa umrah ke Mekkah dan Madinah, di Mataram-Lombok, sebagai Destinasi Halal Terbaik Dunia.

Menurut beliau selama ini paradigma yang terjadi adalah selama puasa justru kinerja pelayanan publik mengendor, produktivitas juga menurun. Padahal yang Islam ajarkan adalah sebaliknya, saat Ramadhan semangat kerja dan produktivitas harus lebih dari hari biasa, karena ganjaran pahalanya juga berlipat ganda. Selain itu sejarah Islam justru mencatat bahwa kemenangan kaum muslimin diraih saat sedang melaksanakan puasa Ramadhan. Ini terjadi saat Perang Badar dan juga Kemerdekaan Republik Indonesia.

Sementara HL. Moh Faozal, Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) NTB, mengatakan jika selama ini bahwa sepanjang Ramadhan angka kunjungan wisatawan yang datang ke Lombok menurun khususnya muslim traveler. Oleh karenanya pihaknya bersama-sama stakeholder pariwisata lainnya seperti pihak hotel dan travel agent telah membuat suatu program promosi untuk menarik wisatawan berkunjung ke Lombok.

“Nantinya program promosi ini akan dirangkai sebagai satu kesatuan dalam Pesona Khazanah Ramadhan, akan ada bazaar tour & travel dan juga rencananya akan ada Ramadhan Great Sale,” jelas Kadispar di kantornya (17/5).

“Ini juga merupakan bagian dari ikhtiar kami Pemprov NTB melalui Dispar, dimana terus berusaha mendatangkan wisatawan untuk datang berkunjung walaupun sedang dalam keadaan berpuasa. Justru ini menjadi tantangan tersendiri, karena biasanya mereka khususnya wisatawn dari Malaysia agak malas jalan ketika puasa, nah dengan adanya Pesona Khazanah Ramadhan ini mereka akan datang,” ujar Faozal optimis.

“Selain kegiatan ibadah dalam rangka meningkatkan keimanan dan ketaqwaan masyarakat NTB, maka kegiatan lain seperti pameran dan bazaar berisi, Kuliner Halal dan Industri e-kraf, Pameran Buku Islam, Busana Muslim, Foto NTB, Handicraft, Seni Budaya Islam serta Tour & Travel,” tegas Kadispar NTB ini.

Aneka Lomba juga akan dilaksanakan meliputi, Lomba Vlog, Blog, Fotografi, Kaligrafi Pantun Islami dan Pemilihan Da’i Remaja. Kemudian acara akan dirangkai dengan Talkshow tentang Wisata Halal, Peningkatan Ekonomi Daerah, Hijab Tutorial dan Bedah Buku. Kegiatan sosial juga akan mewarnai Pesona Khazanah Ramadhan seperti Buka Puasa bersama 1000 anak yatim yang akan berlangsung sepanjang bulan suci, juga akan ada layanan kesehatan gratis bagi masyarkat yang kurang mampu.

Sementara untuk hiburan akan menampilkan fashion show, pentas seni budaya, musik religi dan takbir 1000 cahaya saat malam takbir di akhir Ramadhan. Itulah seluruh rangkaian kegiatan yang akan dihadirkan untuk mengisi even Pesona Khazanah Ramadhan pada 1438 H, yang seluruh rangkaian acaranya akan berpusat di Masjid Hubbul Wathan, Islamic Center. (LI/AA)

About Author: Agus Apriyanto
Past Mine Worker (Corporate Communication Dept). Graphic Designer. Reporter/Editor. Father of 3 Children. Moslem. Lives in Lombok, West Nusa Tenggara, Indonesia. FB: Agus Apriyanto Email: agusborjuswp@gmail.com