BRANDING. Sticker pariwisata NTB dan sambutan bagi peserta MTQN di badan pesawat Lion Air.

Mataram, LombokInsider.com – Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat tidak berhenti berinovasi dan berkreasi dalam melakukan promosi pariwisata. Kali ini, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata NTB menggandeng perusahaan penerbangan Lion Air untuk mempromosikan NTB dengan menggunakan momentum Musabaqah Tilawatil Qur’an Nasional (MTQN) XXVI 2016 dengan memasang sticker di badan pesawat-pesawat Lion Air.

KERJASAMA. Kadisbudpar NTB melakukan dialoq dengan awak Lion Air.

KERJASAMA. Kadisbudpar NTB melakukan dialoq dengan awak Lion Air.

“Ini merupakan langkah nyata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata NTB yang didukung oleh Kementrian Pariwisata dalam mempromosikan Lombok sebagai salah satu destinasi wisata halal di Indonesia. Branding pariwisata dan even nasional dengan cara seperti ini, menempel stiker di bodi pesawat, merupakan hal baru yang dirintis oleh NTB, dan belum pernah dilakukan oleh daerah lainnya,” kata HL. Moh. Faozal, Kepala Dinas Budpar NTB saat meresmikan branding pariwisata NTB di pesawat Lion Air, Rabu (20/7) di Bandara Internasional Lombok.

Turut hadi dalam acara pagi itu Kadis Budpar Loteng, H.Lalu Putrie, GM Angkasa Pura, I Gusti Ngurah Ardita, Ketua Dewan Penasehat Asita, Awanadi Aswinabawa dan Manajer Area Lion Air Bali Nusra, Fajar Teguh.

Komitmen Lion Air

Menurut Kadisbudpar NTB, promosi ini merupakan komitmen dan kontribusi yang luar biasa dari Lion Air untuk membantu promosi pariwisata NTB. Lion Air telah membuka 28 penerbangan dari dan ke LIA dengan sekitar 1800 penumpang per hari,” ungkap Faozal.

Banner promosi destinasi Lombok oleh Lion Air.

Banner promosi destinasi Lombok oleh Lion Air.

“Hanya sayang sticker yang terpasang sangat kecil berbanding dengan badan pesawat Boeing milik Lion Air ini. Ke depan akan dipasang yang lebih besar sehingga mudah terlihat oleh para penumpang pesawat tersebut.,” lanjutnya.

Sementara Area Manajer Lion Air Bali-Nusra, Fajar Teguh menjelaskan bahwa pemasangan sticker dilakukan pada dua jenis pesawat Boeing dan satu jenis pesawat ATR. Pesawat Boeing yang dilepas secara simbolis ini menuju Surabaya, sedang beberapa saat sebelumnya satu pesawat yang juga telah ditempel sticker sudah take off dengan tujuan Jogjakarta,” kata Fajar Teguh.

Selain di pesawat, hal yang sama juga telah dilakukan pada 4 bis Damri di Jakarta dan 4 minibus wisata di Malaysia. “Selanjutnya kami juga akan melakukan branding di beberapa bis Damri yang ada di Mataram,” pungkas Faozal.

Pewarta: Agus Apriyanto

Penyunting: Kasan Mulyono

About Author: Kasan Mulyono
Writer. Lecturer. Ph.D in Economics. Mine worker. PR veteran. Casual cyclist. Father of 4. Husband to Kartina. Moslem. Lives in Lombok & West Sumbawa, West Nusa Tenggara, Indonesia. FB: KasanMulyono2015 Email: k_mulyono@yahoo.com Twitter: KasanMulyono Instagram: KasanMulyono