Surfing di Sumbawa Barat

Pulau Sumbawa memiliki banyak destinasi menarik. Salah satunya adalah destinasi selancar air di Sumbawa Barat yang telah tersohor di kalangan peselancar air di seluruh dunia dan telah dijadikan arena pertandingan internasional.

 

Mataram, LombokInsider.com – Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat saat ini tengah melakukan langkah-langkah strategis untuk meningkatkan pariwisata NTB. Salah satu program penting yang dilakukan adalah penguatan destinasi-destinasi wisata di Pulau Sumbawa.

“Saat ini kita tidak perlu mempermasalahkan apa yang telah berlalu, tapi bagaimana kita menghadapi tantangan di depan dengan melakukan langkah-langkah strategis salah satunya penguatan destinasi wisata di Sumbawa, agar dapat melangkah bersama-sama untuk perkembangan dan kemajuan pariwisata NTB,” kata Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata NTB, H.L. Moh. Faozal saat memberikan sambutan dalam Rapat Kerja Rencana Promosi Pariwisata Lombok Sumbawa 2017 yang dilaksanakan oleh Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) NTB pada Rabu (20/7) di Hotel Golden Tulip, Kota Mataram.

Lebih lanjut Faozal mengatakan bahwa pariwisata NTB saat ini sedang berkembang. Salah satu indikatornya adalah tingkat hunian hotel yang rata-rata mencapai 75% atau naik sekitar 30-40% dibandingkan periode yang sama pada 2015.

“Saya mewakili Bapak Gubernur menyampaikan penghargaan kepada BPPD NTB atas apa yang telah dilakukan sejauh ini. Harapannya dengan terlaksananya Raker Rencana Promosi Pariwisata ini akan ada sinergi antara kita sebagai pelaku dan pemangku kepentingan yang bersinggungan langsung dengan pariwisata NTB,” ungkap Faozal.

KOORDINASI. Kegiatan promosi terkoordinasi akan lebih efektif capai target.

KOORDINASI. Kegiatan promosi terkoordinasi akan lebih efektif capai target.

Promosi Terkoordinasi

Terkait kegiatan promosi, Faozal mengatakan, apa yang telah dilakukan Dinas Budpar dan mendapat dukungan dari Kementrian Pariwisata adalah melakukan berbagai promosi pariwisata baik skala nasional maupun internasional merupakan wujud tanggungjawab yang harus sama-sama didukung.

“Kuncinya adalah kita harus bergerak bersama dan terkoordinasi, sehingga dapat ikut atau tidak tertinggal dari kompetitor wisata yang lain baik untuk wilayah nasional, regional bahkan internasional karena jelas mereka tidak tinggal diam, rekan-rekan dari BPPD dan BP2KM, HPI, ASITA, PHRI, APII serta INCAA diharapkan sumbangsihnya di bidangnya masing-masing untuk kepentingan kita bersama NTB yang berdaya saing,” kata Faozal.

Rapat kerja dengan para pemangku kepentingan ini dimaksudkan untuk menyatukan visi dan misi demi kemajuan pariwisata NTB. “Dengan rapat ini diharapkanakan tersusun dan tercapai rencana promosi pariwisata yang terkoordinasi dengan target yang telah ditentukan yaitu 3 juta kunjungan wisatawan, terdiri dari 1,5 juta wisatawan nusantara dan 1,5 juta wisatawan mancanegara,” jelas Afan Ahmad, Plt. Ketua BPPD NTB.

Pewarta: Agus Apriyanto

Penyunting: Kasan Mulyono

About Author: Kasan Mulyono
Writer. Lecturer. Ph.D in Economics. Mine worker. PR veteran. Casual cyclist. Father of 4. Husband to Kartina. Moslem. Lives in Lombok & West Sumbawa, West Nusa Tenggara, Indonesia. FB: KasanMulyono2015 Email: k_mulyono@yahoo.com Twitter: KasanMulyono Instagram: KasanMulyono