Gili Trawangan (Foto: Dyoputra Pamungkas)

LOMBOK menduduki peringkat #5 Top 10 Islands in Asia ; dan Gili Trawangan – #6 Top 10 Islands in Asia. Pemandangan di Gili Trawangan saat senja. (Foto: Dyoputra Pamungkas)

 

Jakarta, LombokInsider.com – Bersamaan dengan penyelenggaraan Welcome Reception PATA Travel Mart 2016 oleh Kementerian Pariwisata, Menteri Pariwisata Indonesia, Arief Yahya secara simbolis menerima penghargaan TripAdvisor Travellers’ Choice Award 2016 yang diserahkan oleh Martin Verdon-Roe (VP Global Display Sales at TripAdvisor), disaksikan oleh Wakil Presiden Indonesia, Gubernur DKI Jakarta, Gubernur Banten, Delegasi PATA (Pasific Asia Travel Association) dan pelaku pariwisata dari berbagai negara, Rabu (7/9) di Jakarta.

Pemenang penghargaan TripAdvisor Travellers ‘Choice dipilih berdasarkan pada jutaan ulasan dan opini yang dibuat oleh wisatawan diseluruh dunia dalam kurun 12 Bulan.Pada tahun 2016 ini, Indonesia berhasil menerima 9 penghargaan TripAdvisor Travellers ‘Choice Award dalam lingkup Global dan Asia dari 4 kategori yaitu ; Destinations, Island, Landmark dan Beaches. Masing-masing kategori ini memiliki penilaian tersendiri, bagi kategoriLandmarks dan Beaches didasarkan pada ulasan dan opini wisatawan yang mengulas tempat tersebut di TripAdvisor, sedangkan untuk kategori Islands & Destinations  merupakan gabungan kualitas dan kuantitas ulasan serta peringkat dari hotel, atraksi wisata dan restoran dan kecenderungan pemesanan melalui TripAdvisor pada pulau maupun destinasi yang terpilih.

Indonesia bersaing dengan berbagai destinasi wisata lain di dunia maupun di Asia. 9 penghargaan yang diterima Indonesia sebagai tujuan wisata para pelancong Internasional tersebut adalah :Ubud – #10 Top 25 Destinations in the World – #3 Top 25 Destinations in the Asia ; Bali – #5 Top 10 Islands in the World – #1 Top 10 Islands in the Asia ; Lombok – #5 Top 10 Islands in Asia ; Gili Trawangan – #6 Top 10 Islands in Asia ; Tanah Lot Temple – #18 Top 25 Landmarks in Asia; Borobudur Temple – #21 Top 25 Landmarks in Asia ; Gili Meno Beach – #11 Top 25 Beaches in Asia ; Balangan Beach – #17 Top 25 Beaches in Asia ; Nusa Dua Beach – #24 Top 25 Beaches in Asia.

Dari kategori “Top 25 Destinations in the World”, Indonesia diwakili oleh Ubud memiliki peringkat diatas Dubai (13), Bangkok (15) bahkan Tokyo (21) dan Sydney (24). Pulau Bali diganjar peringkat 5 kategori “Top 10 Islands in the World” yang juga menjadikan Pulau Dewata sebagai peringkat 1 pada lingkup Asia bersama Lombok (5) dan Gili Trawangan (6), pada lingkup kategori ini Indonesia bersaing ketat dengan Thailand dan jauh meninggalkan Malaysia. (LI/KM)

About Author: Kasan Mulyono
Writer. Lecturer. Ph.D in Economics. Mine worker. PR veteran. Casual cyclist. Father of 4. Husband to Kartina. Moslem. Lives in Lombok & West Sumbawa, West Nusa Tenggara, Indonesia. FB: KasanMulyono2015 Email: k_mulyono@yahoo.com Twitter: KasanMulyono Instagram: KasanMulyono