Hj Erica Zainul Majdi

Hj Erica Zainul Majdi dan Hj Syamsiah Amin saat memberikan pengarahan kepada Tim Penggerak PKK Provinsi NTB dalam pelatihan public speaking.

 

Mataram, LombokInsider.com – Kemampuan komunikasi sangatlah penting bagi anggota Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga untuk mendukung sosialisasi program-program pemerintah kepada masyarakat luas. Demikian disampaikan oleh Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Masyarakat (TP PKK) Provinsi Nusa Tenggara Barat,  Hj Erica Zainul Majdi pada acara pelatihan Public Speaking pada Senin (25/7) di Pendopo Gubernur NTB, Mataram.

Lebih lanjut Hj Erica Majdi mengatakan, kemampuan melakukan penyuluhan mutlak untuk dimiliki oleh setiap anggota tim penggerak PKK karena dalam tugas sehari-harinya seorang anggota tim penggerak PKK harus mampu membagi pengetahuan, memotivasi dan menggerakkan masyarakat.

“PKK harus mampu membagi pengetahuan, menggerakkan masyarakat dan memantau transfer pengetahuan ke masyarakat  sebagai  amanah mendukung tercapianya visi dan misi pemerintah daerah melalui 10 program PKK,” kata istri Gubernur NTB tersebut.

MENENTUKAN. Kemampuan komunikasi sangat menentukan dalam proses sosialisasi.

MENENTUKAN. Kemampuan komunikasi sangat menentukan dalam proses sosialisasi.

Demi memantapkan peran pengabdian Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK)  Provinsi NTB  ke masyarakat, seluruh pengurus TP PKK NTB diberikan pelatihan Public Speaking  in General oleh Tim Widyaiswara Badan Kepegawaian Daerah dan Diklat Provinsi NTB.

Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi NTB ini juga meyakini, apapun programnya, kemampuan komunikasi akan sangat penting untuk menghantarkannya ke masyarakat. “Pelatihan yang  diberikan oleh widyaiswara  hari ini akan bermanfaat bagi kami untuk memberikan pencerahan dan pemberdayaan kepada masyarakat,” kata Hj Erica Zainul Majdi.

Pada kesempatan yang sama, Kepala BKD dan Diklat Provinsi NTB, Dr H Abdul Hakim MM. menyambut baik pelatihan public speaking yang diselenggarakan PKK ini.

”Widyaisuara kami cukup kompeten dalam bidang ini dan kami siap untuk membantu PKK dalam berbagai kegiatannya yang mendukung pembangunan NTB,” ungkapnya.

Manfaat Public Speaking

Public speaking adalah proses atau tindakan melakukan pemaparan secara lisan oleh seseorang secara langsung berbicara kepada khalayak secara terstruktur dan hati-hati untuk menyampaikan informasi, memengaruhi atau menghibur mereka.

Menurut situs publicspeakingpower.com ada 11 alasan kuat mengapa public speaking itu penting bagi kehidupan manusia. Manfaat tersebut adalah 1) meningkatkan rasa percaya diri, 2) membuat kita lebih nyaman berada di sekitar orang banyak, 3) membantu dalam penjualan atau mendapatkan pekerjaan, 4) cara efektif untuk menyampaikan pesan, 5) diperlukan dalam pergaulan sehari-hari seperti memberikan sambutan dalam pernikahan dll, 6) menjadi bekal penting dalam kehidupan, bisnis, masyarakat dan karier, 7) bisa meningkatkan kinerja di bidang kehidupan lainnya, 8) membantu menunjukkan kemampuan diri, 9) meningkatkan kemampuan, 10) kemampuan berbicara di depan umum memberikan kesempatan untuk bersaing di tempat kerja, dan 11) membantu mendapatkan dukungan dari sejawat dan teman.  (LI/SP/KM)

 

About Author: Kasan Mulyono
Writer. Lecturer. Ph.D in Economics. Mine worker. PR veteran. Casual cyclist. Father of 4. Husband to Kartina. Moslem. Lives in Lombok & West Sumbawa, West Nusa Tenggara, Indonesia. FB: KasanMulyono2015 Email: k_mulyono@yahoo.com Twitter: KasanMulyono Instagram: KasanMulyono