Tim Relawan Pesona Lombok Sumbawa bersama BPPD NTB

Mataram, LombokInsider.com – Sebagai upaya sosialisasi dan menggalang dukungan komunitas internet di Nusa Tenggara Barat dalam pemenangan Lombok pada ajang Kompetisi Wisata Halal Nasional 2016 yang diselenggarakan oleh Kemenpar pada Agustus hingga September 2016, Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) NTB menggandeng Volunteer Wonderful Lombok Sumbawa (WLS) mengadakan perjalanan ke Sumbawa dan Bima.

“Kunjungan ini difokuskan untuk sosialisasi pemenangan Lombok pada ajang Kompetisi Wisata Halal Nasional 2016 yang diselenggarakan oleh Kemenpar Agustus hingga September 2016,” kata Ketua BPPD NTB H. Affan Ahmad saat melepas keberangkatan tim ke Sumbawa-Bima di kantornya, Jum’at (12/8).

SOSIALISASI. Tim relawan melakukan sosialisasi kepada komunitas netizen di Sumbawa Besar.

SOSIALISASI. Tim relawan melakukan sosialisasi kepada komunitas netizen di Sumbawa Besar.

Setibanya di Sumbawa BPPD dan Volunteer WLS langsung mengadakan Community Gathering dan diskusi dengan pelbagai komunitas yang ada di Sumbawa. Acara ini berlangsung santai namun serius, dengan menghadirkan 50 orang peserta yang sudah diundang sebelumnya yang berasal dari pelbagai komunitas seperti Adventure Sumbawa, Sumbawa Explore, Bike Sumbawa, Blogger Sumbawa dan para akademisi.

“Maksud kedatangan kami di sini adalah meminta dukungan untuk pemenangan Lombok dalam Kompetisi Halal Nasional kepada komunitas yang ada disini,” jelas Miasa dan Darwin yang mewakili BPPD di hadapan komunitas yang hadir malam itu.

Selain itu, mereka juga mendengarkan masukan dan saran dari peserta yang hadir hasilnya akan ditindaklanjuti serta dijadikan bahan pertimbangan dalam penyusunan program BPPD pada 2017. Di sela-sela perjalanan tim ini pun melakukan sesi foto bersama model yang telah disiapkan sebagai bahan promosi. Foto dilakukan di Istana Dalam Loka, Sumbawa Besar dan serta tempat menarik di kota Sumbawa Besar sebagai bahan promosi untuk Sumbawa.

Perjalanan tim berlanjut ke Bima pada Sabtu (13/8). Bertempat di salah satu hotel, BPPD mengundang sekitar 100 peserta dari pelbagai komunitas dari 3 wilayah yaitu Kota Bima, Kabupaten Bima dan Dompu. Acara berlangsung sangat menarik dengan berbagai masukan serta diskusi dari komunitas yang ada disana. Acara ini dihadiri oleh Ketua BPPD NTB H. Affan Ahmad, Wakil Ketua DPRD Prov NTB Mori Hanafi, Kadis Budpar Kab Bima, perwakilan dari Pemkot Bima dan DPRD Bima.

DUKUNGAN. Netizen diharapkan mendukung kampanye wisata halal Lombok.

DUKUNGAN. Netizen diharapkan mendukung kampanye wisata halal Lombok.

Zakaria sebagai koordinator tim Volunteer WLS tampil menjadi pembicara sekaligus untuk meminta dukungan program “1 M Fans of Wonderful Lombok Sumbawa Fanpage”. “Acara seperti ini harus sering dan terus dilaksanakan, antusiasme para pecinta pariwisata, blogger dan netizen harus diapresiasi serta didorong guna meningkatkan Promosi Pariwisata NTB khususnya, Indonesia secara umum,” ujar Zakaria.

Menurut Zakaria saat ini Lombok melalui BPPD dan Volunteer WLS telah mendaftarkan Lombok dalam Kompetisi Wisata Halal Nasional. Penilaian telah dilakukan dan sedang menunggu pengumuman pendaftar yang lolos ke tahap nominasi. “Selanjutnya kami ingin mengajak masyarakat NTB untuk bersatu, bahu membahu serta bersinergi bersama untuk pemenangan Lombok dalam Kompetisi Halal Nasional,” lanjut Zalaria lagi.

Untuk berpartisipasi, netizen bisa mendukung dan vote Lombok dalam kompetisi wisata halal nasional serta mendukung Lombok untuk mempertahankan predikat World Best Halal Tourism Destination dan World Best Halal Honeymoon Destination di ajang World Halal Travel Award pada November 2016 mendatang di Abu Dhabi. “Untuk info selengkapnya kunjungi fanpage Wonderful Lombok Sumbawa www.facebook.com/wonderfullomboksumbawa,” pungkas Zakaria.

Wonderful Lombok Sumbawa merupakan Fanspage Komunitas #Volunteer Wonderful Lombok Sumbawa yang independen, dikelola oleh para #relawanpariwisataNTB. Tim relawan juga mengambil foto keindahan alam di daerah sekitar Kota Bima bersama para modelnya, sebagai bagian dari promosi untuk Bima.

Kota Sumbawa Besar dan Bima menjadi tujuan dari tim ini karena memiliki unsur penting di NTB selain Lombok, sekaligus optimalisasi promosi destinasi budaya dan kuliner di Sumbawa dan Bima. (LI/SP)

About Author: Kasan Mulyono
Writer. Lecturer. Ph.D in Economics. Mine worker. PR veteran. Casual cyclist. Father of 4. Husband to Kartina. Moslem. Lives in Lombok & West Sumbawa, West Nusa Tenggara, Indonesia. FB: KasanMulyono2015 Email: k_mulyono@yahoo.com Twitter: KasanMulyono Instagram: KasanMulyono