Fanpage volunteer promosi lombok sumbawa

 

Mataram-Lombokinsider.com – Sebagai salah satu upaya untuk mempertahankan prestasi Lombok tercinta di bidang pariwisata, pada Kamis (4/8) Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) NTB berinisiatif mengadakan pertemuan dengan para stakeholder untuk menggalang dukungan bagi tim relawan pemenangan Lombok pada Kompetisi Wisata Halal Nasional dan Internasional. “Kami sangat berterima kasih atas kedatangan para tamu undangan yang telah menyisihkan waktu di sela kesibukan masing-masing, hal ini sebagai wujud dukungan kita kepada NTB tercinta agar dapat mempertahankan gelar yang telah diraih pada 2015 lalu,” ujar H. Afan Ahmad Plt. Ketua BPPD NTB pada sambutannya.

“Saya pribadi amat sangat mendukung tim relawan yang telah dengan ikhlas tanpa pamrih melakukan pelbagai upaya utamanya melalui media sosial (medsos) untuk melakukan promosi dan dukungan untuk Lombok bisa mempertahankan gelar,” tegas Afan Ahmad.

Fanpage volunteer promosi lombok sumbawa

Pertemuan BPPD dengan pemangku kepentingan pariwisata NTB

Sementara Zakaria sebagai Ketua Tim Relawan mengatakan bahwa target utamanya adalah promosi destinasi wisata yang ada di NTB melalui medsos.

“Kami juga membuat target untuk like, share dan vote fanpage Wonderful Lombok Sumbawa yang telah dibuat sebanyak-banyaknya sebagai dukungan bagi Lombok dalam Kompetisi Wisata Halal Nasional dan Internasional yang diadakan dan diikuti oleh Kementerian Pariwisata Indonesia karena memang ini menjadi salah satu kriteria pemenang,” jelas Zakaria yang juga merupakan salah satu aktivis blogger dan medsos.

“Harapannya dengan waktu yang sangat terbatas ini kami dari relawan dapat mengumpulkan 1 juta like dan share hingga pada waktunya nanti target ini dapat tercapai,” ujar Zakaria. “Untuk target tingkat nasional ada 7 kategori yang dibidik oleh NTB dari 14 kategori yang diperebutkan yaitu Kategori Airport Ramah Wisatawan Muslim Terbaik, Resort Pantai Ramah Wisatawan Muslim Terbaik, Website Travel Ramah Wisatawan Muslim Terbaik, Destinasi Bulan Madu Ramah Wisatawan Muslim Terbaik, Destinasi Wisatawan Halal Terbaik, Kuliner Halal Terbaik dan Budaya Ramah Wisatawan Muslim,” lanjutnya.

Sedangkan target internasional yakni mempertahankan gelar sebagai The World’s Best Halal Tourism Destination and Honeymoon Destination.

“Untuk dapat melaksanakan itu semua kami membutuhkan dukungan semua pihak, masyarakat dan para pemangku kepentingan serta kami mencoba melakukan strategi online dan offline,” imbuhnya lagi.

Upaya yang dilakukan secara online adalah promosi di medsos FB, Twitter dan Instagram, Photo Contest (SMU-Mahasiswa), Pesan Selamat Datang di Airport untuk promosi Fanspage Wonderful Lombok Sumbawa sebagai pusat informasi bagi wisatawan.

Sementara strategi offline dengan cara gathering antara pelaku pariwisata, blogger, sosmed dan fotografer untuk berperan sebagai marketing, roadshow ke sekolah dan kampus sebagai boozer aktif di sosmed dan promo on the spot ke instansi pemerintah, mall dan destinasi wisata untuk mengajak pegawai dan masyarakat umum untuk ikut berperan, serta photo session selama 1 minggu dengan konsep “photo Middle East target”.

“Kami paham bahwa ara pesaing di tingkat Nasional seperti Aceh, Sumbar, Jateng dan Makassar tidak tinggal diam, sedangkan untuk tingkat Nasional pelaksanaan lomba kurang lebih selama 2 minggu mulai 18 Agustus hingga awal September dan pengumuman pemenang pada akhir September. Sedangkan untuk tingkat Internasional promosi akan terus dilaksanakan hingga akhir Desember 2016,” lanjut Zakaria.

Hadir pada acara yang dilaksanakan di RM Taliwang Moerad ini, GM Angkasa Pura/yang mewakili, GM Garuda Indonesia cab. Mataram, PTNNT, pegiat blogger dan sosmed serta stake holder BPPD lainnya.

Pewarta: Agus Apriyanto

Penyunting: Kasan Mulyono

About Author: Kasan Mulyono
Writer. Lecturer. Ph.D in Economics. Mine worker. PR veteran. Casual cyclist. Father of 4. Husband to Kartina. Moslem. Lives in Lombok & West Sumbawa, West Nusa Tenggara, Indonesia. FB: KasanMulyono2015 Email: k_mulyono@yahoo.com Twitter: KasanMulyono Instagram: KasanMulyono