Pelantikan PPIH 2016

Mataram, LombokInsider.com –Pemerintah Indonesia pada 2016 akan memberangkatkan jamaah haji sebanyak 157.115 orang dari 13 embarkasi dan 387 kloter. Provinsi NTB akan memberangkatkan calon jamaah haji sekitar 3000 orang dengan 50 pendamping. Demikian disampaikan oleh Sekretaris Direktorat Jenderal Penyelenggara Haji dan Umroh (PHU) Kementerian Agama RI, Khazan Faozi pada pelantikan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) 1437 H/2016 M embarkasi Lombok, Rabu (27/7) di Asrama Haji, Mataram.

“Penyelenggaraan haji untuk kloter pertama tahun 2016 ini akan dimulai 9 Agustus 2016 dan untuk embarkasi Lombok akan diberangkatkan pada gelombang kedua,” kata Khazan.

Untuk tahun 2016 ini ada perubahan rute penerbangan sehingga seluruh gelombang pertama akan diterbangkan langsung menuju bandara di Madinah. Sedangkan gelombang kedua atau kloter terakhir yang akan diberangkatkan pada 5 September 2016 akan diterbangkan langsung menuju bandara King Abdul Aziz di Jeddah.

KOORDINASI. Wagub berharap PPIH NTB tingkatkan koordinasi dengan para pihak.

KOORDINASI. Wagub berharap PPIH NTB tingkatkan koordinasi dengan para pihak.

“Kepulangan jamaah haji akan dimulai pada 17 September 2016 melalui bandara yang sama. Perubahan rute ini dimaksudkan agar tidak mengurangi stamina dari para jamaah haji serta efisiensi biaya,” jelas Khazan.

Pelantikan PPIH

Terkait dengan pelayanan jemaah haji, Wakil Gubernur NTB H. Muhammad Amin, SH., M.Si mengatakan secara nasional penyelenggaraan umroh dan haji semakin tahun semakin baik. Namun, Wagub Muh. Amin mengingatkan bahwa panitia penyelenggara ibadah haji harus meningkatkan koordinasi dengan para pemangku kepentingan lainnya.

“Tingkatkan koordinasi terutama dengan instansi terkait untuk memudahkan dalam bertugas. Melayani jamaah haji dan umroh adalah salah satu bentuk pengabdian pada bangsa dan negara, juga meruapakan ibadah kepada Allah SWT,” kata Wagub Muh. Amin usai melantik Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) 1437 H/2016 M embarkasi Lombok.

“Saya ucapkan selamat bertugas kepada Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) 1437 H/2016 M Embarkasi Lombok. Saya berharap semua ketentuan harus dipenuhi berdasarkan rincian tugas masing-masing bidang, baik itu kelengkapan dokumen maupun transportasi sejak keberangkatan sampai kepulangan,” kata Wagub Muh. Amin.

Hadir dalam pelantikan tersebut Asisten Administrasi Umum dan Kesejahteraan Rakyat Setda NTB, Drs. Bacharudin, M. Pd dan para kepala SKPD terkait. (LI/SP).

About Author: Kasan Mulyono
Writer. Lecturer. Ph.D in Economics. Mine worker. PR veteran. Casual cyclist. Father of 4. Husband to Kartina. Moslem. Lives in Lombok & West Sumbawa, West Nusa Tenggara, Indonesia. FB: KasanMulyono2015 Email: k_mulyono@yahoo.com Twitter: KasanMulyono Instagram: KasanMulyono