Mataram, LombokInsider.com – Menjaga konsistensi sebagai salah satu hotel bintang empat terbaik di Kota Mataram, memang bukan sesuatu yang mudah, apalagi merubah image atau brand dalam sekejap. Hal inilah yang terjadi terhadap Lombok Astoria Hotel, yang sebelumnya bernama Golden Tulip Hotel.

Re-Branding

“Pihak owner kami memutuskan mengganti nama menjadi Lombok Astoria Hotel dan memutuskan mengelola secara mandiri dengan nama lokal tersebut,” kata Fajar S. Azis, GM Lombok Astoria Hotel, saat ditemui di kantornya.

Fajar menjelaskan re-branding ke merek lokal ini tidak terlalu berpengaruh, bahkan tingkat akupansi pasca libur panjang Idul Fitri dan sekolah meningkat. “Akupansi bahkan mencapai 80%, ini membuktikan bahwa perubahan merek tidak berpengaruh banyak, karena secara fasilitas dan kualitas kami tidak berubah,” lanjut Fajar.

Menurutnya keputusan merubah merek dagang ke merek lokal ini diambil oleh pemilik untuk lebih mandiri dan memotong banyak birokrasi yang terjadi sebelumnya. Maka pada Selasa (20/6) lalu, Direktur Utama PT. Mataram Andalas Semesta (MAS) Hendro Nyoman sekaligus owner (pemilik) dan General Manager Fajar S.Azis, meresmikan perubahan nama hotel ini menjadi Lombok Astoria Hotel.

“Bayangkan saja ketika masih dibawah operator asing, untuk mengambil suatu keputusan kami harus lapor ke pusat dan itu memakan waktu yang cukup lama,” jelas Fajar. Selain itu menurut Fajar, dengan merek atau branding lokal ini akan dapat lebih banyak merekrut tenaga kerja lokal dan lebih mengangkat nama Lombok.

Selain itu, kecintaan pemiliknya Hendro Nyoman, terhadap dunia pariwisata dan pengembangan sumber daya manusias (SDM) lokal, sudah dibuktikan dengan kesuksesan mengelola HW Hotel di Padang, Sumatra Barat. Sehingga Hendro menginginkan kesuksesan serupa juga dialami oleh Lombok Astoria Hotel.

Bahkan pihak pemilik memastikan akan kembali menginvestasikan dana tambahan untuk penambahan fasilitas hotel serta akan terus memberi pelatihan karyawan di Lombok Astoria serta melakukan pengembangan SDM oleh Human Resource Department dan seluruh komponen Manajerial.

“Kami juga akan menghadirkan para professional trainer secara berkala. Karena kedepan kami ingin Lombok Astoria Hotel ini dapat menjadi contoh properti independen yang memiliki skala sempurna di pasar hotel Mataram,” lanjut Fajar.

Manajemen juga berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan yang ada, sehingga memberikan kesan yang baik bagi para tamu atau pelanggan.

Fasilitas Lombok Astoria Hotel

Fasilitas standar internasional meliputi area lobi yang luas, pusat kebugaran, kolam renang, spa dan pijat, restoran indoor dan outdoor, lobby lounge dan bar. Lombok Astoria Hotel Mataram juga menyediakan aneka menu pilihan kreasi chef di Malimbu restoran. Selain itu Anjani Lounge dan bar menawarakan aneka pilihan snack ringan dan minuman yang menggoda selera, layanan 24 jam tersedia bagi para tamu yang ingin makan di kamar masing-masing.

Setiap kamar juga dilengkapi, pendingin ruangan dengan kontrol manual, televisi layar datar 42”, kotak penyimpanan pribadi, IDD telepon, akses internet, 24 hour in-room dining dan layanan binatu, serta masih banyak paket-paket menarik yang ditawarkan setiap waktu.

Berlokasi di Jalan Jenderal Sudirman, No. 40 Rembiga, Mataram, Lombok, yang berada di perkotaan, jarak dari bandara sekitar 45 menit, memiliki akses yang mudah ketempat hiburan, pusat perbelanjaan, tempat wisata dan berbagai fasilitas lainnya. (LI/AA)

About Author: Agus Apriyanto
Past Mine Worker (Corporate Communication Dept). Graphic Designer. Reporter/Editor. Father of 3 Children. Moslem. Lives in Lombok, West Nusa Tenggara, Indonesia. FB: Agus Apriyanto Email: agusborjuswp@gmail.com