Mataram, LombokInsider.com – Pemerintah Provinsi melalui Dinas Pariwisata (Dispar) NTB, kembali akan menggelar Rinjani Golf Tournament untuk kali ketiga, pada 9 Desember mendatang, bertempat di GEC Rinjani Golf & Resort Golong, Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat. Hal ini dipastikan oleh Kepala Dinas Pariwisata NTB, HL. Moh. Faozal di kantornya, Kamis (19/10).

Promosi NTB

“Hal ini merupakan langkah untuk terus membangkitkan potensi sport tourism yang ada di NTB, termasuk olah raga golf,” ujar Faozal. Kadispar NTB ini menambahkan bahwa saat ini Lombok dan Sumbawa telah menjadi salah satu destinasi menarik pelaksanaan sport tourism. “Ini sekaligus sebagai promosi bagi NTB, agar semakin dilirik sebagai destinasi sport tourism unggulan di Indonesia,” lanjutnya.

Bukan tanpa bukti, karena hampir sepanjang tahun NTB selalu menjadi tempat penyelenggaraan sport tourism baik yang bertaraf nasional bahkan internasional. Sebut saja, Rinjani 100, Tour de Lombok Mandalika, Kejurnas Rally, Mandalika Color Run, Paralayang Internasional, GFNY, Rinjani Golf Tournament dan Lombok Marathon.

“Tentunya hal ini semakin menguatkan branding NTB sebagai tempat yang menarik untuk setiap pelaksanaan sport tourism. Kita memiliki destinasi wisata yang banyak dan indah, serta infrastruktur memadai untuk mendukung even-even sport tourism bertaraf nasional dan internasional yang berkualitas,” tegas Kadispar NTB ini.

GOLF. Kadispar NTB, saat Memberikan Keterangan Pers Terkait Pelaksanaan Rinjani Golf Tournament, Kamis (19/10) di kantornya.

Selain itu menurut Kadispar even turnamen golf ini sebagai wujud bantuan pemerintah pada pihak GEC Rinjani sebagai pihak yang mengelola fasilitas milik pemerintah ini, sehingga dapat berjalan sebagaimana mestinya, serta meningkatkan kemampuan para pegolf lokal NTB.

Seperti diketahui bahwa saat ini even-even golf sangat minim dilaksanakan, hal ini tentunya menjadi tantangan bagi pengelola padang golf GEC Rinjani untuk dapat tetap bertahan.

Persiapan Panitia

Hal yang sama disampaikan Syafrudin, Humas GEC Rinjani, yang hadir pada jumpa pers di kantor Dispar NTB. “Memang dalam 2017 ini, baru Rinjani Golf Tournament even besar yang kami tangani. Selebihnya hanya ada even kecil oleh klub-klub golf bertaraf lokal,” jelas Syafrudin.

Syafrudin optimis, penyelenggaraan Rinjani Golf Tournament kali ini akan lebih sukses dibandingkan tahun lalu. “Kami optimis akan lebih sukses, karena persiapan yang lebih lama. Tahun lalu hanya sekitar dua minggu sebelum acara, tapi sekarang hampir satu setengah bulan, In Sya Allah kami lebih siap,” katanya.

Dengan persiapan yang lebih matang ini, panitia optimis jumlah peserta akan meningkat. “Tahun lalu sekitar 75 peserta lokal dan regional, sekarang target kami 100 orang lebih, karena dengan promosi peluncuran program ini yang lebih awal, maka target diatas dapat tercapai,” pungkasnya.

Mengapa panitia selalu memilih Desember sebagai waktu pelaksanaan, alasannya karena hujan mulai rutin turun, sehingga kondisi lapangan sudah mulai hijau secara alami. Untuk hadiah, hole in one akan memperoleh sebuah mobil Toyota, Motor, LED TV, Lemari Es, serta banyak lagi hadiah hiburan lainnya, even ini juga dihajatkan sebagai bagian dari menyambut ulang tahun NTB yang ke-59 pada 17 Desember mendatang.

Fasilitas GEC Rinjani

Sementara Kaori Ushida sebagai pengelola GEC Rinjani mengatakan, GEC Rinjani resmi dibuka pada 1993, dengan luas keseluruhan sekitar 85 hektar sebanyak 18 hole, merupakan salah satu dari 2 lapangan golf terbaik yang ada di Lombok selain Lombok Golf Kosaido di Lombok Utara.

“Kami berharap dengan sinergi bersama Dispar NTB, kedepannya akan semakin sering diadakan tournament golf di Lombok, pastinya akan menjadi daya tarik baik oleh pegolf lokal, nasional bahkan internasional, karena padang golf GEC Rinjani ini cukup memadai dari segi fasilitas, baik dari standar lapangan golf dan juga resortnya yang menyediakan sekitar 32 kamar dengan harga relatif terjangkau bagi kalangan pegolf, didukung 64 karyawan, yang siap melayani setiap keperluan para tamu baik yang datang untuk bermain golf ataupun untuk sekedar berlibur disini. (LI/AA)

About Author: Agus Apriyanto
Past Mine Worker (Corporate Communication Dept). Graphic Designer. Reporter/Editor. Father of 3 Children. Moslem. Lives in Lombok, West Nusa Tenggara, Indonesia. FB: Agus Apriyanto Email: agusborjuswp@gmail.com