Mataram, LombokInsider.com – Indonesian Hotel General Manager Association (IHGMA) chapter Lombok, menggelar Rapat Kerja Daerah (Rakerda) yang dirangkai dengan peringatan 2 tahun berdirinya organisasi ini, Sabtu (21/4) di Core Hotel, Seggigi. Digelarnya Rakerda ini menurut Ketua IHGMA chapter Lombok, Erik Tumbelaka adalah dalam rangka menyongsong Rakernas IHGMA pada Mei mendatang, di Jogyakarta.

“Rakerda sudah menjadi program tahunan DPD IHGMA di seluruh Indonesia, sekaligus menjadi persiapan IHGMA Lombok dalam menyambut Rakernas IHGMA mendatang di Jogya,” kata Erik Tumbelaka, disela-sela Rakerda.

“Dalam Rakerda ini kami membahas seluruh program yang telah kami lakukan di 2017 lalu, selain itu juga merancanakan program di 2018 ini. Kedepan, kami akan lebih banyak fokus terhadap program-program peningkatan SDM di masyarakat terkait dukungan kepada pariwisata secara nyata,” ujarnya.

Menurut Erik, IHGMA ingin lebih memberikan manfaat terhadap kepariwisataan NTB secara umum, hal-hal tersebut menjadi pembahasan dalam Rakerda IHGMA pertama ini.

“Banyak hal yang menjadi pembahasan interaktif kami pada Rakerda ini, khususnya tentang bagaimana kami di IHGMA ini dapat memberikan manfaat lebih kepada pariwisata di NTB secara umum,” jelas Erik, General Manager Kila Senggigi Beach Lombok.

IHGMA merupakan organisasi profesi, khususnya para GM dan Manager Indonesia, dari hotel, villa atau resort yang ada di Indonesia. Fokus dari organisasi ini adalah pengembangan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang seluas-luasnya bagi para anggotanya, melalui berbagai pelatihan dan sertifikasi profesi yang telah dan akan dilaksanakan.

“Fokus kami memang untuk peningkatan kualitas SDM para anggotanya. Selain itu kami juga ikut berperan akktif alam membentuk dan membagikan pengetahuan untuk peningkatan SDM kepariwisataan yang ada di NTB,” ucapnya.

Sumbangsih IHGMA terhadap pengembangan SDM kepariwisataan di NTB diantaranya, program CSR, Goes to Campus. Program ini sebagai wujud nyata dari peran serta IHGMA dalam ikut membangun dan mengembangkan pariwisata NTB khususnya dan Indonesia pada umumnya.

“Untuk CSR, kami tidak hanya ikut terjun dan membantu jika ada bencana, tapi juga berkelanjutan dengan memberikan edukasi dan pelatihan kepada masyarakat sekitar destinasi wisata, untuk lebih peduli terhadap pariwisata. Sementara Goes to Campus adalah peran aktif kami anggota IHGMA Lombok sebagai goes lecture di SMK Pariwisata dan Poltekpar Negeri Lombok,” tegas Erik. (LI/AA)

About Author: Agus Apriyanto
Past Mine Worker (Corporate Communication Dept). Graphic Designer. Reporter/Editor. Father of 3 Children. Moslem. Lives in Lombok, West Nusa Tenggara, Indonesia. FB: Agus Apriyanto Email: agusborjuswp@gmail.com