Mataram, LombokInsider.com –Lombok kembali menjadi tempat penyelenggaraan even besar nasional, kali ini giliran Nahdatul Ulama (NU) yang melaksanakan Musyawarah Nasional (Munas) Alim Ulama dan Konferensi Besar (Konbes) PBNU, sekaligus pada (23-26/11). Kegiatan ini masuk dalam kategori wisata Meetings, Incentives, Conferences and Exhibitions (MICE).

Terkait hal tersebut, M. Nurhaedin yang akrab disapa Edo, Ketua DPD Indonesian Congress and Convention Asosiation (INCCA) NTB, menjelaskan bahwa perkembangan wisata Meetings, Incentives, Conferences and Exhibitions (MICE) saat ini sangat luar biasa.

“Luar biasa, perkembangan wisata dan usaha MICE di Mataram, Lombok kian maju dan berkembang, ini buktinya bahwa kita semakin diminati,” kata Edo sapaan akrabnya.

“Saya optimis sekali ke depan Lombok khususnya Kota Mataram akan menjadi Kota MICE Nasional maupun Internasional. Karena kelebihan NTB, MICEnya didukung kuat daya tarik alam, pantai, laut, aneka budaya dan kuliner yang menakjubkan,” jelas Edo yang juga menjabat Ketua IMI DPD NTB ini.

Edo menambahkan bahwa minimal 12 bisnis MICE bergerak dalam setiap even-even nasional dan regional, termasuk Munas dan Konbes NU, yang melibatkan ribuan orang datang ke Mataram, Lombok untuk menghadirinya.

Menurutnya, beberapa usaha yang ikut menikmati kue MICE ini diantaranya, hotel, travel agent, EO, advertising, sound, rent car mobil, system, katering, souvenir, tour, outbond, sanggar seni, Property lainnya seperti stage, dekorasi, tenda/AC, fotografer, kemudian media massa juga ikut merasakan gerakan MICE tersebut.

Senada dengan Edo, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi NTB, HL. Moh. Faozal juga optimis pariwisata Lombok dan Sumbawa khususnya MICE akan semakin berkembang dan maju pada 2018 nanti.

“Jelas sekali dampak positifnya dari kegiatan Munas dan Konbes NU ini. Khususnya untuk pergerakan wisatawan nusantara. Apalagi acara ini di gelar di Islamic Center, sebagai salah satu ikon pariwisata kita,” ujar Faozal.

“Yang hadir ini dari kalangan guru dan para kyai, kita berharap mereka dapat menyampaikan kepada murid dan sahabatnya, bahwa NTB adalah salah satu destinasi wisata yang memiliki banyak keunggulan, khususnya di bidang MICE,” lanjutnya

“Terbukti beberapa gelaran even besar bertaraf nasional dan internasional banyak di gelar di Lombok sejak 2016 lalu hingga penghujung 2017 ini. Selain itu kehadiran Presiden Jokowi yang sudah beberapa kali juga menjadi magnet tersendiri, khusunya dari pemberitaan tentang Lombok dan Sumbawa,” tegas Faozal.

Seperti diketahui, pada Munas dan Konbes NU yang digelar di Masjid Hubbul Wathan, Islamic Center ini, hadir 1.500 kiyai yang mewakili 25 ribu pondok pesantren di seluruh Indonesia. Munas dan Konbes NU ini diselenggarakan selama empat hari dan dilaksanakan dua tahun sekali. (LI/AA)

Tags:
About Author: Agus Apriyanto
Past Mine Worker (Corporate Communication Dept). Graphic Designer. Reporter/Editor. Father of 3 Children. Moslem. Lives in Lombok, West Nusa Tenggara, Indonesia. FB: Agus Apriyanto Email: agusborjuswp@gmail.com