Mataram, LombokInsider.com – Lombok International Airport (LIA) kembali membuka rute baru diawal 2018. Kali ini Maskapai NAM Air yang digandeng LIA untuk melakukan penerbangan perdana rute Lombok-Bima, pada Rabu (7/2). Sebelumnya, LIA juga menambah satu penerbangan baru untuk rute Lombok-Kuala Lumpur pada 22 Januari yang lalu.

“Untuk rute Lombok-Bima, NAM Air menggunakan pesawat jenis Boeing 737-500 dengan nomor penerbangan IN 653, kapasitas 120 penumpang yang tediri atas delapan kursi bisnis dan 112 kursi ekonomi,” kata General Manager Angkasa Pura I, Lombok International Airport (LIA) Gusti Ngurah Ardita.

“Penerbangan perdana ini membawa 119 Penumpang dari Bima dan tiba di Lombok pada pukul 12.40 WITA. Sedangkan, penerbangan dari Lombok ke Bima akan diberangkatkan pada pukul 13.00 WITA dengan membawa 113 penumpang,” jelasnya. Sebelumnya, lanjut Ardita, penerbangan menuju Bima sudah ada dua kali dalam sehari yaitu menggunakan Garuda Indonesia dan Wings Air.

“Saya berharap dengan bertambahnya rute menuju Bima dapat meningkatkan jumlah wisatawan di Pulau Lombok ataupun sebaliknya di Pulau Sumbawa, terutama Bima,” kata Ardita di LIA, Lombok Tengah.

Menurut Ardita, Pulau Sumbawa memiliki potensi keindahan alam dan wisata yang tidak kalah dari Pulau Lombok. Ardita mencatat, pergerakan penumpang rute Lombok-Bima terus meningkat secara signifikan. Pada 2017, penumpang rute Lombok-Bima tercatat sebanyak 168.645 penumpang.

“Selain itu, segera akan dibuka ruang tunggu lantai 3 pada Februari ini sebagai langkah antisipasi meningkatnya penumpang pada 2018 karena pada 2017 jumlah penumpang meningkat lima persen dari tahun 2016 menjadi 3.589.812 penumpang,” ungkap Ardita.

Selain penambahan rute baru, LIA juga sedang melakukan beberapa program pekerjaan untuk meningkatkan pelayan serta fasilitas seperti pembangunan selasar dropzone, penambahan apron pesawat, penambahan taxiway dan perluasan terminal.

Pelepasan penumpang perdana dari Lombok menuju Bima menggunakan NAM AIR ini, dihadiri oleh Direktur Operasional NAM Air, General Manager Lombok International Airport dan General Manager Perum LPPNPI Cabang Pratama Lombok, serta Komunitas Bandara. (LI/AA)

About Author: Agus Apriyanto
Past Mine Worker (Corporate Communication Dept). Graphic Designer. Reporter/Editor. Father of 3 Children. Moslem. Lives in Lombok, West Nusa Tenggara, Indonesia. FB: Agus Apriyanto Email: agusborjuswp@gmail.com