Mataram, LombokInsider.com – Pengalamannya yang telah lebih dari 24 tahun di bidang perhotelan, baik bisnis hotel maupun resort membuat Fajar Aziz (45), memilih Lombok Astoria untuk melanjutkan karirnya sebagai General Manager hotel. Seperti diketahui, Lombok Astoria adalah sebuah hotel yang memadukan kedua hal tersebut, sehingga menarik minatnya, yang menyukai tantangan baru.

Ketertarikannya pada Pulau Lombok

“Lombok Astoria ini unik, memadukan antara kedua jenis hotel, bisnis dan juga resort jadi satu. Sesuai dengan tagline Lombok Astoria dimana hospitality berpadu dengan bisnis dan leisure menjadi satu kesatuan, ini yang membuat saya tertarik,” jelas Fajar Aziz, General Manager, Lombok Astoria Hotel.

“Tidak mudah memimpin hotel semacam ini, karena ada dua segmentasi pasar yang kita layani sekaligus. Apalagi hotel ini baru saja berganti branding. Ini tantangan baru untuk saya,” ujar alumni Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Nusa Dua Bali ini.

Ketertarikannya kepada Lombok juga dikarenakan sebelumnya sempat magang di salah satu hotel di wilayah Senggigi, saat masih menjadi mahasiswa di STP Nusa Dua Bali. Selain itu keindahan destinasi wisata Lombok terutama pantainya yang terkenal indah, juga menjadi daya tarik bagi Fajar, sehingga memutuskan untuk berkarir di Pulau Lombok.

PENGALAMAN. General Manager Baru Lombok Astoria Hotel, Fajar Aziz.

Karir Fajar Aziz

Begitu lulus dari STP Nusa Dua Bali, karir Fajar dalam industri pariwisata berawal di ITT Sheraton Laguna Resort, sebagai Food and Beverage Service Team Leader (1994-1995), sempat bekerja di perusahaan kapal pesiar sebagai Assistant Controller Holland America Line, Cruise Ship Fleet – Company (1995-1999), Assistant Dining Room Manager Royal Caribbean International Cruise Ship Fleet – Company (1999-2002).

Setelahnya, karir panjang Fajar berturut-turut sebelum memimpin Lombok Astoria Hotel, (2002-2005) Restaurant Manager SATOO Restaurant – Shangri-La Jakarta, Food and Beverage Manager Tugu Hotel & Resort Canggu – Bali (2005-2007), Event and Exhibition Manager Gramedia Expo Surabaya (2007-2009), Assistant Director of Food and Beverage JW Marriott Hotel, Surabaya (2009-2011).

Karirnya sebagai GM berawal di PT Amrita Rajah – Surabaya, Owning Company ICE Club & M-One Super Club (2011-2012). General Manager, Plataran Hotel & Resort Ubud – Bali (2012-2013), Corporate Director of Food and Beverage Milestone Pacific Hotel Group, Owning Company of MaxOne hotels.com (2013-2015), General Manager HORISON Hotel Samarinda – Kalimantan Timur (2015-2017).

Dari pengalamannya melanglang buana di dunia perhotelan, membuat Fajar Aziz banyak belajar bagaimana menjadi pemimpin yang bijak. Ini terlihat dari caranya memperhatikan kesejahteraan karyawan di Lombok Astoria Hotel, tempatnya memimpin.

“Memperhatikan kesejahteraan karyawan merupakan kunci sukses jalannya operasional sebuah hotel. Jika kesejahteraan karyawan diperhatikan, otomatis kinerja mereka akan meningkat, yang secara tidak langsung berdampak positif terhadap operasional sebuah hotel,” ucap pria kelahiran 1973 ini.

Fajar memberikan contoh kecil, dimana jika pihak keamanan (security) sebuah hotel di outsourcing ke perusahan luar, bagaimana mungkin rasa kepeduliannya akan seperti jika mereka berada di bawah manajemen hotel itu langsung.

“Rasa ikut memiliki usaha, tempat kita bekerja akan menimbulkan kepedulian yang tinggi terhadap seluruh properti hotel yang ada,” tegas penghobi traveling ini. (LI/AA)

About Author: Agus Apriyanto
Past Mine Worker (Corporate Communication Dept). Graphic Designer. Reporter/Editor. Father of 3 Children. Moslem. Lives in Lombok, West Nusa Tenggara, Indonesia. FB: Agus Apriyanto Email: agusborjuswp@gmail.com