Mataram, LombokInsider.com – Ada sesuatu yang menarik dan seru pada rapat bulanan Asosiasi Hotel Mataram (AHM) yang dilaksanakan Jum’at (9/12), di Golden Palace Hotel, Mataram. Selain melaksanakan rapat rutin bulanan, AHM juga melakukan pemilihan ketua baru untuk periode 2017-2019, setelah berkampanye selama sebulan akhirnya Ernanda Dewobroto terpilih sebagai ketua. Sebulan sebelumnya Ernanda yang juga merupakan GM Golden Palace Hotel, memang telah terpilih sebagai Plt Ketua, melalui hasil voting akhirnya Ernanda mendapat suara terbanyak dari seluruh anggota yang hadir kemarin. Disusul oleh Yono Sulistyo, GM Fave Hotel sebagai wakil, Aming Sri Daniaty, Manager Arianz Hotel sebagai Sekretaris I, Diana Melani, GM Lombok Plaza Hotel sebagai Sekretaris II, Lulu Hadiatni, Manager M Hotel sebagai Bendahara I dan Ayunda Yuniar, Manager Narmada Convention Hall sebagai Bendahara II.

“Hal ini memang sudah menjadi AD/ART AHM dimana kepengurusan berlangsung selama dua tahun dan kali ini saya di percaya untuk memegang amanah ini,” ucap Ernanda, Ketua AHM terpilih periode 2017-2019. “Kedepannya AHM akan segera melakukan konsolidasi dengan stakeholder pariwisata di Mataram dan juga dengan PHRI sebagai induk dari AHM di tingkat provinsi, untuk melakukan percepatan kemajuan pariwisata,” lanjutnya. Pemilihan ketua ini berlangsung demokratis dimana setiap anggota menuliskan nama kandidat yang dipilihnya kemudian diserahkan kepada panitia dan setelah terkumpul dan dihitung terpilihlah nama-nama diatas sebagai ketua, wakil dan pengurus AHM lainnya.

Seluruh Anggota AHM Hadir pada Pemilihan Ketua Baru, Jum'at (9/12) di Golden Palace Hotel, Mataram.

Seluruh Anggota AHM Hadir pada Pemilihan Ketua Baru, Jum’at (9/12) di Golden Palace Hotel, Mataram.

Tentunya hal ini merupakan tugas yang cukup berat bagi Ernanda karena selain kesibukan sehari-hari sebagai GM dirinya harus membagi waktu sebagai Ketua AHM, juga sebagai Wakil Ketua IHGMA. Namun Ernanda mengaku akan berusaha untuk membawa AHM semakin maju kedepannya dengan melanjutkan dan membuat atau melaksanakan program-program yang belum sempat terlaksana pada periode sebelumnya. Sejauh ini AHM telah banyak berkontribusi untuk perkembangan dan kemajuan pariwisata di Kota Mataram dan NTB dengan melakukan sinergi bekerjasama dengan Deutsche Gesellschaft für Internationale Zusammenarbeit (GIZ) dengan melakukan pelatihan peningkatan SDM khususnya di bidang perhotelan dan restoran untuk meningkatkan kualitas karyawan hotel dan restoran dalam pelayanan.

Dengan regenerasi kepemimpinan ini diharapkan kedepannya AHM akan lebih maju secara organisasi, juga dapat memberikan kontribusi postitif untuk pariwisata NTB secara luas yang secara tidak langsung akan memberikan perubahan peningkatan perekonomian daerah juga Pendapatan Asli Daerah (PAD) pada Kota Mataram khususnya. Hingga saat ini tercatat 35 hotel di yang tergabung dalam AHM, baik dari dalam maupun luar Kota Mataram.

AHM juga menjalin kerjasama dengan lembaga pendidikan LPKN dan SMK Pariwisata untuk meningkatkan mutu pendidikan, sehingga terjadi sinergi dimana kurikulum yang diajarkan dapat disesuaikan dengan keperluan atau standar hotel dan restoran yang ada. Ernanda mengharapkan dukungan seluruh pihak baik pengurus dan anggota AHM, maupun seluruh pihak terkait untuk dapat menjalankan tugas dengan baik, khususnya untuk mempromosikan Kota Mataram sebagai kota yang sangat cocok untuk menjadi tempat Meeting, Incentive, Convention, Exhibition (MICE). (LI/SP/AA)

About Author: Agus Apriyanto
Past Mine Worker (Corporate Communication Dept). Graphic Designer. Reporter/Editor. Father of 3 Children. Moslem. Lives in Lombok, West Nusa Tenggara, Indonesia. FB: Agus Apriyanto Email: agusborjuswp@gmail.com